metacillin

Ini adalah review terhadap obat dengan merk metacillin. di bagian akhir review ini juga disertakan tautan untuk mengetahui merk obat-obat lain dengan kandungan yang sama dengan metacillin.

pabrik


Inti jaya

golongan


harus dengan resep dokter

kemasan


metacillin dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • dos 10 x 10 kapsul 250 mg
  • botol 60 ml sirup kering

kandungan


setiap kemasan metacillin berisi kandungan zat aktif sebagai berikut :

  • Ampicillin anhidrat 250 mg/ kapsul
  • Ampicillin anhidrat 125 mg/ 5 ml sirup kering

Sekilas tentang zat aktif (nama generik) :


Ampicillin adalah antibiotik golongan beta laktam termasuk keluarga penisillinum yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. Ampicillin adalah bakteriocidal yang bekerja dengan cara menghambat secara irreversibel aktivitas enzim transpeptidase yang dibutuhkan untuk sintesis dinding sel bakteri. Secara spesifik ampicillin menghambat tahap tiga-tahap akhir dari proses sintesis dinding sel bakteri yang merupakan awal dari kehancuran sel bakteri tersebut.

Indikasi


  • Kegunaan metacillin (ampicillin) adalah untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap ampicillin seperti infeksi saluran nafas : otitis media akut, faringitis yang disebabkan streptococcus, faringitis, sinusitis.
  • ampicillin adalah antibiotik pilihan pertama untuk pengobatan infeksi-infeksi yang disebabkan enterococcus seperti endocarditis dan meningitis.
  • Metacillin (ampicillin) digunakan juga untuk pengobatan gonore, infeksi kulit dan jaringan lunak,  Infeksi saluran kemih, infeksi Salmonella dan shigela.

Kontra indikasi


Penggunaan antibiotik metacillin (ampicillin) harus dihindari pada pasien dengan riwayat pernah mengalami reaksi hipersensitivitas pada ampicillin dan antibiotik beta laktam lainnya seperti penicillin dan cephalosporin.

baca efek samping dan dosis obat ini di halaman berikutnya……