zistic

Ini adalah review terhadap obat dengan merk zistic. di bagian akhir review ini juga disertakan tautan untuk mengetahui merk obat-obat lain dengan kandungan yang sama dengan zistic.

pabrik  


bernofarm

golongan


obat keras

kemasan  


  • dos 5 x 6 kapsul 250 mg
  • 5 x 6 kaplet 500 mg

kandungan


  • Azithromycin 250 mg/ kapsul
  • Azithromycin 500 mg/ kaplet

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


azitromisina (Azithromycin ) adalah antibiotik golongan makrolidum yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. azitromisina (Azithromycin ) adalah derivat dari eritromisin (erythromycin) yang lebih poten. azitromisina (Azithromycin ) bekerja dengan cara mengikat sub unit 50s dari ribosom bakteri sehingga menghambat translasi mRNA. Dengan demikian sistesis protein akan terganggu sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Indikasi zistic      


  • Kegunaan obat zistic (Azithromycin ) adalah untuk pengobatan infeksi saluran nafas atas dan bawah : eksaserbasi bakteri akut bronkitis kronis akibat H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, Pneumonia karena C. pneumoniae, H. influenzae, M. pneumoniae, atau S. pneumoniae, dan sinusitis akut karena H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, otitis media akut yang disebabkan oleh H. influenzae, M. catarrhalis atau S. pneumoniae, faringitis atau tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes.
  • zistic (Azithromycin ) digunakan pula untuk infeksi kulit dan struktur kulit tanpa komplikasi akibat S. aureus, S. pyogenes, atau S. agalactiae.
  • zistic (Azithromycin ) juga berguna untuk penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks : uretritis dan servisitis karena C. trachomatis atau N. gonorrhoeae, penyakit maag genital (chancroid) pada pria karena H. ducreyi .

kontra indikasi 


zistic (Azithromycin ) harus dihindari pada pasien hipersensitifitas pada zistic (Azithromycin ) dan antibiotika makrolidum lainnya.

Efek Samping zistic


  • Kebanyakan efek samping zistic (Azithromycin ) yang muncul adalah mual, muntah, diare, kembung, flatulensi, palpitasi, nyeri dada, dispepsia, dan nyeri pada perut.
  • Gugup, ruam kulit, melena dan jaundice kolestatik, monilia, vaginitis dan nefritis, pusing, sakit kepala, vertigo, somnolence, letih, fotosensitifitas dan shock anafilaksis juga dilaporkan terjadi pada pemakaian zistic (Azithromycin ).
  • Pada tahun 2013 , FDA mengeluarkan peringatan azitromisina (Azithromycin ) dapat menyebabkan perubahan abnormal pada aktivitas listrik jantung yang dapat menyebabkan irama jantung yang tidak teratur dan berpotensi fatal.

perhatian  


jangan memberikan azitromisina (Azithromycin ) bersamaan dengan derivat ergot.

Toleransi terhadap kehamilan


Penelitian reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pemakaian azitromisina (Azithromycin ) pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk , namun studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil tidak menunjukkan risiko untuk janin pada trimester berapapun.

interaksi obat 


zistic (Azithromycin ) berinteraksi dengan obat-obat berikut :

  • obat antasida yang mengandung aluminium dan magnesium mengurangi kadar puncak zistic (Azithromycin ) pada plasma darah.
  • Selain itu zistic (Azithromycin ) mengurangi klirens triazolam sehingga meningkatkan efek farmakologinya.

Dosis zistic


zistic (Azithromycin ) diberikan dengan dosis :

infeksi saluran nafas dan infeksi kulit dan struktur kulit tidak terkomplikasi :

  • dewasa dan anak diatas 16 thn termasuk usia lanjut : 500 mg sehari sebagai dosis tunggal pada hari pertama, kemudian dilanjutkan 250 mg sehari pada hari kedua sampai hari kelima.

Infeksi non gonokokal uretritis dan servisitis :

  • dewasa : 1000 mg sehari sebagai dosis tunggal.

dosis untuk anak-anak 10 mg/ kg BB/ hari, 1 x sehari selama 3 hari.

Terkait


jika informasi ini berguna bagikan ke teman-teman anda