Diclomec Gel

Diclomec Gel adalah obat yang digunakan untuk pengobatan topikal pada peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot, dan sendi. Obat ini juga digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit rematik. Diclomec Gel mengandung zat aktif Diclofenac, obat yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Berikut adalah informasi lengkap Diclomec Gel yang disertai tautan merk-merk obat lain yang mengandung zat aktif yang sama.

Pabrik

Combiphar

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Diclomec Gel dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Diclomec Gel : tube 50 g

Kandungan

Ttiap kemasan Diclomec Gel mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Diclofenac dietilammon 1.16 g / 100 g Gel

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Diklofenak (diclofenac)  adalah nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan nama kimia 2- (2,6-dichloranilino) asam fenilasetat. Diklofenak (diclofenac) bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX). Enzim ini berfungsi untuk membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menghalangi kerja enzim COX, prostaglandin lebih sedikit diproduksi, yang berarti rasa sakit dan peradangan akan mereda.

Indikasi

Berikut adalah beberapa kegunaan Diclomec Gel (Diclofenac) :

  • Kegunaan Diclomec Gel (diclofenac) adalah untuk membantu mengurangi nyeri, gangguan inflamasi (radang), nyeri ringan sampai sedang pasca trauma pada tendon, ligamen, otot dan persendian.
  • Bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita (rematik) arthritis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang alergi terhadap diclofenac, memiliki riwayat reaksi alergi (bronkospasme, shock, rhinitis, urtikaria) setelah penggunaan aspirin atau NSAID lainnya (misalnya, ibuprofen, celecoxib).

Efek Samping

Berikut adalah beberapa efek samping Diclomec Gel (Diclofenac) yang diketahui :

  • Efek samping pada kulit seperti dermatitis eksfoliatif, sindrom Stevens-Johnson, dan nekrolisis epidermal toksik, yang dapat berakibat fatal, dapat terjadi selama pemakaian NSAID termasuk diclofenac meskipun kejadiannya sangat jarang. Pengobatan harus dihentikan jika tanda – tanda seperti ruam atau hipersensitivitas muncul.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Pengobatan harus dihentikan jika tanda – tanda seperti ruam atau hipersensitivitas muncul.

Toleransi terhadap kehamilan

Efek pemakaian diclofenac secara oral dan injeksi terhadap kehamilan : lihat diclofenac

Efek pemakaian diclofenac secara topikal terhadap kehamilan : relatif aman

Interaksi obat

Obat-obat yang berinteraksi dengan diclofenac : lihat diclofenac

Dosis Diclomec Gel

Obat ini diberikan dengan dosis : 3-4 x sehari. Gel dioleskan pada tempat yang sakit secara perlahan-lahan

dosis selengkapnya lihat diclofenac

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Diclomec Gel harus sesuai dengan yang dianjurkan.