Bantu Pengobatan Flu Singapura Anak dengan Makanan-Makanan Ini

Seorang anak yang terserang flu singapura, biasanya akan males makan. Hal ini terjadi karena salah satu ciri-ciri flu singapura adalah adanya luka pada mulutnya yang menyerupai sariawan. Bahkan kadang-kadang bisa juga terjadi radang tenggorokan yang membuat anak kesayangan anda merasakan rasa sakit saat menelan. Jika hal ini dibiarkan, flu singapura anak rentan memburuk akibat anak mengalami dehidrasi dan kekurangan kalori. Oleh karena itu, bagaimana pun caranya, para orang tua harus mengupayakan agar anak tetap mendapatkan asupan nutrisi terutama cairan yang cukup selama masa pengobatan penyakit flu singapura ini.

Apa sebenarnya flu singapura?


Sebelum kita melakukan pengobatan, maka kita harus mengenali terlebih dahulu penyakitnya. Dengan mengenali ciri-ciri, gejala, dan penyebab flu singapura kita bisa menentukan cara pengobatannya serta apa saja upaya untuk mendukung efektivitas pengobatan itu.

Flu singapura adalah penyakit infeksi virus menular yang umum terjadi pada anak-anak. Penyakit yang dalam dunia medis dikenal dengan nama Hand foot and mouth disease (HFMD), ditandai dengan adanya luka di mulut dan ruam atau lepuhan di tangan dan kaki. Kadang-kadang lepuhan juga bisa terjadi di bokong penderita. Anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun, adalah kelompok yang paling berisiko terjangkit flu singapura. Namun, penyakit ini juga bisa menjangkiti remaja dan orang dewasa.

Penyebab flu singapura adalah virus yang bernama Coxsackievirus A16 dan Enterovirus 71 yang merupakan virus dari kelompok nonpolio Enterovirus. Jika seseorang terjangkit virus singapura, dia akan dengan mudah menularkan penyakit ini ke orang lain. Bahkan penyakit ini termasuk sangat mudah menyebar dan mewabah dalam suatu lingkungan masyarakat.

ciri-ciri flu singapura adalah demam, diikuti oleh sakit tenggorokan, penurunan nafsu makan, dan rasa tidak enak badan atau malaise. Satu atau dua hari setelah terjadinya demam, mulai mucul luka di dalam mulut, lidah atau tenggorokan. Bersamaan dengan itu ruam mulai terlihat di telapak tangan atau telapak kaki, lutut, siku, atau bokong. Ruam ini dapat berubah menjadi lepuh atau luka. Perlu diingat penderita flu singapura tidak harus menunjukkan seluruh gejala di atas. Bisa hanya salah satu saja tetapi bisa juga muncul semuanya.

Bagaimana cara pengobatan flu singapura anak ?


Tidak ada cara khusus untuk melakukan pengobatan flu singapura anak. Tidak ada obat yang secara spesifik diindikasikan sebagai obat flu singapura. Yang dilakukan hanya menghilangkan gejala-gejalanya sambil berupaya menjaga asupan cairan dan kalori dalam jumlah yang cukup. Biasanya penderita akan membaik dalam 7 – 10 hari setelah gejala pertama penyakit ini muncul.

Untuk menghilangkan demam, kita bisa menggunakan paracetamol (misalnya sanmol). Sejauh ini, paracetamol adalah obat pilihan utama sebagai obat penurun panas untuk anak. Selain paracetamol, anda bisa menggunakan obat yang mengandung ibuprofen (misalnya proris). Sedangkan untuk menghilangkan gatal bisa menggunakan lotion penghilang gatal. (Baca juga : Obat Demam Anak : Pilih Paracetamol, Ibuprofen Atau Aspirin?).

Adanya luka di mulut dan radang tenggorokan sering membuat anak menolak makan yang mengakibatkannya rentan mengalami dehidrasi dan kekurangan kalori. Keadaan ini akan memperburuk kondisi anak, meskipun umumnya penyakit flu singapura ini bukanlah penyakit yang berbahaya.

Untuk mencegah hal ini, jangan memberi anak anda makanan pedas atau minuman yang asam seperti jus jeruk atau minuman bersoda, karena akan membuatnya tambah sakit saat menelan. Anda harus memberinya makanan-makanan yang lembut sehingga tidak mengiritasi luka namun tetap efektif membantu pengobatan flu singapura.

Berikut ini daftar makanan untuk membantu pengobatan flu singapura anak


Makanan-makanan yang digunakan untuk membantu efektivitas pengobatan flu singapura anak harus mempunyai sifat lembut, tidak mengiritasi, mengandung nutrisi atau cairan yang cukup, namun tetap mengundang selera makan anak. Berikut beberapa di antaranya :

  • Bubur

Anak sakit identik dengan makan bubur. Agar anak tidak bosan, anda bisa memodifikasi jenis-jenis bubur yang diberikan untuk anak anda. Selain bubur nasi, anda bisa memberinya bubur kacang hijau. Selain mengandung nutrisi yang baik, bubur kacang hijau juga disajikan dengan kuah, sehingga baik untuk menjaga kecukupan cairan. Namun sebaiknya hindari bubur-bubur yang mengandung santan terlalu banyak atau berasa pedas supaya tidak memperparah radang tenggorokannya.

  • Air kelapa muda

makanan flu singapura anak

air kelapa muda sangat baik untuk membantu pengobatan flu singapura anak

Khasiat air kelapa muda sangat banyak. Air kelapa muda mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin dan berbagai mineral. Air kelapa muda bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi, sebagai antioksidan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan multi manfaat seperti ini, memberikan air kelapa muda kepada anak penderita flu singapura tentu akan sangat baik. Disamping berkhasiat, air kelapa muda juga mempunyai rasa yang enak, sehingga anak anda akan sangat menyukainya.

  • Kentang

Kentang dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Jadi makanan ini bisa anda gunakan untuk menyelingi pemberian bubur. Namun sebaiknya tidak digoreng, karena makanan berminyak akan memperparah radang tenggorokan anak anda. Penyajian kentang yang baik, adalah dengan direbus, dikukus atau dijadikan soup.

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung protein, lemak, dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi kentang, selain menjaga asupan nutrisi juga akan membantu mempercepat proses pengobatan flu singapura.

  • Susu

Sakit atau tidak sakit, meminum susu pasti menyehatkan. Susu mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh. Keunggulan susu jika diberikan kepada anak penderita flu singapura adalah selain memberikan banyak nutrisi, susu juga berupa cairan sehingga mencegah anak mengalami dehidrasi.

  • Es cream

Seorang anak pasti tidak akan menolak jika diberikan es cream. Selain memiliki rasa yang enak sehingga disukai anak, ternyata es cream juga memiliki banyak manfaat. Es cream mengandung protein, vitamin, dan kalsium. Suhu dingin es cream dan teksturnya yang lembut sangat baik untuk memberikan rasa nyaman di mulut dan tenggorokan anak anda.

  • Yogurt

Sama seperti es cream, yogurt adalah makanan berbasis susu yang mengandung protein, vitamin, dan kalsium. Yogurt sangat baik membantu efektivitas pengobatan flu singapura karena selain memiliki manfaat kesehatan, makanan ini juga memiliki penampilan menarik dan rasa yang enak sehingga para orang tua tidak akan kesulitan menawarkan makanan ini kepada anaknya yang sakit.

  • Buah-buahan segar

Berbagai macam buah bisa anda pilih untuk membantu pengobatan flu singapura anak anda. Usahakan pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, pepaya dan buah lainnya. Namun yang harus anda perhatikan, tidak semua buah baik untuk penderita flu singapura. Buah-buah yang mempunyai sifat asam seperti jeruk justru akan membuat tidak nyaman anak anda karena menyebabkan perih saat menelan.

Daftar di atas hanya beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu anda meningkatkan efektivitas pengobatan flu singapura. Anda bisa memilih makanan/minuman lainnya. Yang penting, jangan memilih makanan yang pedas, asam atau sifat lain yang membuat anak anda merasa tidak nyaman. Pilihan yang baik adalah makanan yang disukai anak-anak namun tetap memiliki khasiat yang dibutuhkan.