fuzolan

Fuzolan adalah obat untuk mengobati berbagai infeksi jamur, terutama infeksi candida pada vagina, mulut, tenggorokan, dan aliran darah. Fuzolan mengandung fluconazole, obat anti jamur yang termasuk golongan triazole. Berikut ini adalah informasi lengkap Fuzolan yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Quamed / apotex inc

golongan


Harus dengan resep dokter

kemasan


Fuzolan dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • kapsul 150 mg

kandungan


tiap kemasan Fuzolan mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Fluconazole 150 mg / kapsul

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Fluconazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur, terutama infeksi candida pada vagina, mulut, tenggorokan, dan aliran darah. Obat ini termasuk golongan triazole generasi pertama. Seperti semua agen antijamur kelas azole, fluconazole mengganggu sintesis membran sel jamur dengan cara menghambat enzim sitokrom P450 14α-demethylase (P45014DM). Penghambatan ini mencegah konversi lanosterol ke ergosterol, komponen penting dari membran sitoplasma jamur.

Indikasi Fuzolan


Berikut ini adalah beberapa kegunaan Fuzolan (fluconazole) :

  • Fuzolan (fluconazole) digunakan untuk pengobatan infeksi non-sistemik oleh jamur candida pada vagina, tenggorokan, dan mulut.
  • Digunakan juga untuk infeksi jamur seperti orofaringeal dan kandidiasis esofagus.
  • Efektif juga untuk pengobatan jamur candida pada saluran kemih, peritonitis, dan infeksi Candida sistemik.
  • Untuk mencegah infeksi jamur pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk orang-orang dengan neutropenia akibat kemoterapi kanker, orang-orang dengan infeksi HIV lanjut, pasien transplantasi, dan bayi prematur.
  • Sebagai obat anti jamur lini kedua pada pengobatan meningoencephalitis kriptokokus, dan infeksi jamur pada sistem saraf pusat.
  • Di beberapa negara anti jamur golongan triazole seperti fluconazole lebih dipilih dibandingkan ketoconazole untuk penggunaan sebagai anti jamur sistemik, karena memiliki afinitas yang lebih besar terhadap membran sel jamur dan memiliki toksisitas yang lebih kecil.

Kontra indikasi


  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada fluconazole atau obat golongan triazole lainnya.
  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki gangguan hati dan pasien yang sedang diterapi dengan terfenadin atau astemizol, terutama jika dosis Fuzolan (fluconazole) 400 mg atau lebih.
  • Pasien yang sedang menggunakan obat lain yang diketahui bisa memperpanjang interval QT dan yang dimetabolisme melalui enzim CYP3A4 seperti cisapride, astemizol, erythromycin, pimozide, dan quinidine tidak boleh menggunakan Fuzolan (fluconazole).
  • Kontraindikasi untuk pasien yang sedang menggunakan obat golongan SSRI seperti fluoxetine atau sertraline.

Baca efek samping Fuzolan, efeknya jika digunakan oleh wanita hamil, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat ini di halaman berikutnya…