gatifloxacin

gatifloksasin (gatifloxacin) adalah antibiotik golongan fluorokuinolon generasi ke 4 yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. Gatifloksasin (gatifloxacin) bekerja dengan cara menghambat dua tipe enzim II topoisomerase yaitu DNA Gyrase dan topoisomerase IV. topoisomerase IV memerlukan DNA terpisah yang telah direplikasi sebelum pembelahan sel bakteri. Dengan DNA yang tidak dipisahkan, proses replikasi terhenti dan bakteri tidak bisa membagi. Sedangkan DNA gyrase bertanggungjawab untuk supercoil DNA sehingga akan cocok di dalam sel yang baru terbentuk. kombinasi dari dua mekanisme di atas akan membunuh bakteri sehingga gatifloksasin (gatifloxacin) digolongkan sebagai bakterisida.

Indikasi gatifloxacin    


Kegunaan gatifloksasin (gatifloxacin) adalah untuk pengobatan penyakit akseserbasi akut bronkitis kronis, sinusitis akut dan pneumonia karena lingkungan (community acquired pneumonia).

kontra indikasi 


  • gatifloksasin (gatifloxacin) harus dihindari pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap gatifloksasin (gatifloxacin) atau antibiotik golongan kuinolon lainnya.
  • Gatifloksasin (gatifloxacin) juga kontra indikasi pada penderita diabetes.

Efek Samping


  • efek samping yang bersifat ringan adalah mual, diare, sakit kepala dan pusing.
  • Sebuah studi yang dilakukan di Kanada menemukan gatifloksasin (gatifloxacin) menimbulkan efek samping yang signifikan termasuk dysglycemia (kadar gula darah yang tidak normal).

perhatian  


  • di USA produk obat dengan merk tequin (gatifloksasin) telah ditarik dari pasaran pada tahun 2006.
  • pada tahun 2011 otoritas India juga telah menghentikan produksi obat yang mengandung gatifloksasin (gatifloxacin).
  • Pemberian pada pasien yang memiliki kondisi hati dan ginjal yang buruk harus sangat hati-hati.

Toleransi terhadap kehamilan


Belum ada data yang tersedia

Penggunaan oleh Ibu menyusui


Belum ada data yang tersedia

Interaksi obat   


bila pasien mengkonsumsi multivitamin yang mengandung preparat besi, seng, magnesium, dan obat antasida yang mengandung aluminium dan magnesium, pemberian gatifloksasin (gatifloxacin) sebaiknya diberi jarak paling tidak selama 4 jam.

Dosis


gatifloksasin (gatifloxacin) diberikan dengan dosis :

  • 1 tablet 400 mg sehari atau 1 vial injeksi 400 mg/ 40 ml untuk semua indikasi.

Terkait


Jika informasi ini berguna bagikan ke teman-teman anda