gentamicin salep

Gentamicin salep adalah obat yang digunakan sebagai sediaan topikal untuk mengobati penyakit kulit akibat infeksi oleh bakteri yang peka terhadap antibiotik ini.

Obat ini termasuk antibiotik golongan aminoglikosida yang digunakan untuk mengobati infeksi-infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram negatif. Obat ini bekerja dengan cara mengikat secara reversibel sub unit 30s dari ribosom bakteri sehingga menghambat sintesa protein yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan bakteri itu.

Salep ini biasanya dipasarkan berupa bentuk garamnya yaitu, gentamicin sulfate yang setara dengan gentamicin 0.1 %. Selain salep, sediaan topikal obat ini juga tersedia berupa gentamicin cream.

golongan


Harus dengan resep dokter

Indikasi


Kegunaan gentamicin salep adalah untuk pengobatan terhadap berbagai infeksi bakteri pada kulit :

  • Infeksi primer kulit : impetigo contagiosa, folikulitis superfisial, ecthyma, furunkulosis, sycosis barbae, dan pioderma gangrenosum.
  • Infeksi kulit sekunder : dermatitis eczematoid yang menular, jerawat, psoriasis pustular, dermatitis seboroik yang disertai infeksi, dermatitis kontak yang disertai infeksi, laserasi terinfeksi, kista kulit dan abses kulit lainnya bila didahului dengan insisi dan drainase, paronychia, borok stasis / kulit yang terinfeksi, luka bakar dangkal yang disertai infeksi, termasuk infeksi setelah gigitan serangga.

Kontra indikasi


  • Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas (alergi) terhadap gentamicin atau antibiotika golongan aminoglikosida lainnya.
  • Hindarkan juga pemakaian antibiotik ini untuk bayi prematur ataupun bayi baru lahir.

Efek Samping


Efek samping gentamicin salep yang pernah dilaporkan adalah terjadinya iritasi ringan pada kulit seperti erythema, dan pruritus

Penggunaan oleh wanita hamil


FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan gentamicin kedalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Kategori di atas adalah jika digunakan secara sistemik. Untuk penggunaan topikal, belum diketahui seberapa jauh obat ini mampu masuk secara sistemik, dan berpengaruh terhadap janin manusia. Meskipun demikian penggunaan obat ini oleh wanita hamil perlu dilakukan secara hati-hati, terutama penggunaan dalam dosis besar atau periode waktu yang lama.

perhatian


Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat ini, adalah sebagai berikut :

  • Obat ini hanya ditujukan untuk mengobati infeksi pada kulit. Hindari kontak dengan mata.
  • Gentamicin adalah obat yang termasuk bakterisida, jadi obat ini tidak efektif untuk infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur atau virus.
  • Penggunaan antibiotik topikal bisa menimbulkan superinfeksi (pertumbuhan kuman secara tidak normal) oleh bakteri, jamur, virus atau kuman-kuman non peka lainnya. Selain itu, obat-obat antibiotik topikal juga bisa menimbulkan iritasi kulit. Jika superinfeksi dan atau iritasi kulit terjadi, segera hentikan pemakaian obat.
  • Jika obat ini digunakan untuk mengobati impetigo contagiosa (bisul), bersihkan kerak terlebih dahulu sebelum salep diaplikasikan pada kulit untuk memungkinkan kontak yang maksimal.
  • Jangan digunakan untuk pengobatan jangka panjang.
  • Obat ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga lebih mudah terbakar. Gunakan obat ini hanya pada area terinfeksi (jangan pada area yang luas), dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Dosis gentamicin salep


gentamicin salep diberikan dengan dosis berikut :

  • Oleskan pada kulit yang terinfeksi 3 – 4 x sehari.

Terkait


Jika informasi ini berguna, bagikan ke teman-teman anda