sagestam ear drops

Sagestam ear drops adalah obat yang digunakan untuk mengobati radang pada liang telinga bagian luar. Sagestam ear drops mengandung gentamicin, obat yang termasuk antibiotik golongan aminoglikosida. Berikut ini adalah informasi lengkap Sagestam ear drops yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Sanbe farma

golongan


Harus dengan resep dokter

kemasan


Sagestam ear drops dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Botol 5 ml drops tetes telinga

Tersedia juga sagestam cream, sagestam salep, sagestam tetes mata, sagestam salep mata, dan sagestam injeksi.

kandungan


Tiap kemasan Sagestam ear drops mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Gentamicin sulfate 0.3 %

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Gentamicin adalah antibiotika golongan aminoglikosida yang digunakan secara luas terutama untuk mengobati infeksi-infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif, seperti  Pseudomonas, Proteus, Serratia, dan Staphylococcus. Gentamicin juga digunakan untuk septikemia (keracunan darah oleh bakteri patogenik dan atau zat-zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut), meningitis (radang selaput otak), infeksi saluran kemih, saluran pernafasan, saluran pencernaan, infeksi pada kulit, tulang, dan jaringan lunak. Gentamicin tidak digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, Neisseria meningitidis atau infeksi bakteri Legionella pneumophila (karena berisiko pasien akan mengalami shock dari lipid A endotoksin  yang ditemukan dalam organisme bakteri gram negatif tertentu). Gentamicin juga berguna melawan Yersinia pestis dan Francisella tularensis.

Indikasi


Kegunaan sagestam ear drops (gentamicin sulfate) adalah untuk pengobatan terhadap manisfestasi inflamasi atau radang yang disertai oleh infeksi bakteri yang peka terhadap antibiotik gentamicin.

Kontra indikasi


  • Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas (alergi) terhadap  gentamicin atau antibiotika golongan aminoglikosida lainnya.
  • Hindarkan juga pemakaian antibiotik ini untuk bayi prematur ataupun bayi baru lahir.

Efek Samping


Efek samping sagestam ear drops (gentamicin sulfate) yang mungkin terjadi adalah terjadinya iritasi ringan.

Penggunaan oleh wanita hamil


FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan gentamicin kedalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Kategori di atas adalah jika digunakan secara sistemik. Untuk penggunaan topikal, belum diketahui seberapa jauh obat ini mampu masuk secara sistemik, dan berpengaruh terhadap janin manusia. Meskipun demikian penggunaan obat ini oleh wanita hamil perlu dilakukan secara hati-hati, terutama penggunaan dalam dosis besar atau periode waktu yang lama.

perhatian


Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat ini, adalah sebagai berikut :

  • Sagestam ear drops (gentamicin sulfate) adalah obat yang termasuk bakterisida, jadi obat ini tidak efektif untuk infeksi yang disebabkan oleh jamur atau virus.
  • Penggunaan antibiotik topikal bisa menimbulkan superinfeksi (pertumbuhan kuman secara tidak normal) oleh bakteri, jamur, virus atau kuman-kuman non peka lainnya. Selain itu, obat-obat antibiotik topikal juga bisa menimbulkan iritasi. Jika superinfeksi dan atau iritasi terjadi, segera hentikan pemakaian obat.
  • Jangan digunakan untuk pengobatan jangka panjang.

Dosis sagestam ear drops


sagestam ear drops (gentamicin sulfate) diberikan dengan dosis berikut :

  • Teteskan pada liang telinga bagian luar, 2-4 x sehari sebanyak 3-4 tetes.

Terkait


Jika informasi ini berguna, bagikan ke teman-teman anda