sporanox

Sporanox adalah obat untuk mengobati berbagai infeksi jamur, terutama infeksi jamur sistemik seperti aspergillosis, kandidiasis, dan kriptokokosis, di mana obat antijamur lain tidak lagi efektif. Sporanox mengandung itraconazole, obat anti jamur yang termasuk golongan triazole. Berikut ini adalah informasi lengkap Sporanox yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Soho industri pharmasi / janssen-cillag

golongan


Harus dengan resep dokter

kemasan


Sporanox dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Dos botol 150 ml larutan oral
  • Dos 7 x 4 kapsul 100 mg

kandungan


tiap kemasan Sporanox mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Itraconazole 10 mg / ml larutan oral
  • Itraconazole 100 mg / mg kapsul

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Itraconazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur, terutama infeksi jamur sistemik seperti aspergillosis, kandidiasis, dan kriptokokosis, di mana obat antijamur lain tidak lagi efektif. Obat ini termasuk golongan triazole yang memiliki spektrum yang lebih luas dari fluconazole. Seperti semua agen antijamur kelas azole, itraconazole mengganggu sintesis membran sel jamur dengan cara menghambat enzim sitokrom P450 14α-demethylase (P45014DM). Penghambatan ini mencegah konversi lanosterol ke ergosterol, komponen penting dari membran sitoplasma jamur.

Indikasi sporanox


Berikut ini adalah beberapa kegunaan sporanox (itraconazole) :

  • Sporanox (itraconazole) digunakan untuk pengobatan infeksi jamur sistemik seperti aspergillosis, kandidiasis, dan kriptokokosis, di mana obat antijamur lain tidak efektif.
  • Sporanox (itraconazole) efektif untuk pengobatan infeksi jamur pada pasien immunocompromised dan non-immunocompromised seperti blastomycosis paru dan luar paru, histoplasmosis, termasuk chronic cavitary pulmonary disease and disseminated, histoplasmosis non-meningeal, dan aspergillosis paru dan luar paru pada pasien yang tidak toleran atau yang refrakter terhadap terapi amfoterisin B.
  • Pengobatan kandidiasis orofarings dan vulvo vaginal, onychomycosis, ptyriasis versicolor, dan infeksi dermatofita lainnya.
  • Untuk mencegah infeksi jamur pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk orang-orang dengan neutropenia akibat kemoterapi kanker, orang-orang dengan infeksi HIV lanjut, pasien transplantasi, dan bayi prematur.
  • Di beberapa negara, anti jamur golongan triazole seperti itraconazole lebih dipilih dibandingkan ketoconazole untuk penggunaan sebagai anti jamur sistemik, karena memiliki afinitas yang lebih besar terhadap membran sel jamur dan memiliki toksisitas yang lebih kecil.
  • Itraconazole juga telah dieksplorasi sebagai agen antikanker untuk pasien dengan karsinoma sel basal, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

Kontra indikasi


  • Jangan menggunakan sporanox untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada itraconazole atau obat golongan triazole lainnya.
  • Jangan menggunakan obat ini untuk pengobatan onychomycosis pada pasien yang memiliki disfungsi ventrikel seperti gagal jantung kongestif (CHF) atau riwayat CHF, wanita hamil atau yang berencana hamil.
  • Jangan menggunakan obat ini pada pasien yang sedang menggunakan obat lain yang dimetabolisme melalui enzim CYP3A4 seperti metadon, disopiramid, dofetilide, dronedarone, quinidine, alkaloid ergot (seperti dihydroergotamine, ergometrine (ergonovin), ergotamine, metilergometrin (metilergonovin)), irinotecan, lurasidone, midazolam oral, pimozide, triazolam, felodipin, nisoldipin, ranolazine, eplerenone, cisapride, lovastatin, simvastatin, ticagrelor, colchicine, fesoterodine, telitromisin dan solifenacin karena konsentrasi plasma obat-obat tersebut meningkat sehingga efek farmakologi dan efek sampingnya meningkat misalnya terjadi perpanjangan QT dan ventrikel takiaritmia termasuk kejadian torsade de pointes.

Baca efek samping dan hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat ini di halaman berikutnya…