Kanker Payudara, Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatan

Kanker payudara adalah penyakit yang sangat mematikan. Penyakit ini ditakuti oleh semua wanita di dunia. Pasalnya, penyakit ini setiap tahunnya telah menjadi membunuh banyak wanita baik muda ataupun tua. Kanker ini tumbuh dari sel yang membelah secara tidak terkendali pada bagian payudara wanita. Namun, belum lama ini penyakit ini juga telah ditemukan pada pria. Ini artinya kanker payudara tidak hanya menyerang wanita saja namun juga pria.

Harapan sembuh seseorang yang menderita kanker payudara memang relatif kecil. Namun bukan berarti kanker ini sama sekali tidak bisa disembuhkan. Para ahli terus melakukan beragam penelitian untuk menemukan cara dan obat untuk mengobati kanker payudara.

Payudara merupakan bagian yang sangat penting bagi setiap wanita. Oleh karena itu setiap wanita harus bisa mengenali kemungkinan adanya kelainan di salah satu bagian tubuhnya ini, seperti misalnya kanker payudara. Artikel berikut akan memberikan sedikit gambaran tentang penyakit kanker yang mematikan ini, sehingga bisa membantu dalam melakukan deteksi dini.

Apa Itu Kanker Payudara ?

Sebelum membahas bagaimana mendeteksi atau bagaimana cara mengobati kanker payudara ini, kita kenali terlebih dahulu tentang apa sebetulnya kanker payudara itu.

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel-sel payudara. Kanker terjadi sebagai akibat dari proses mutasi, atau perubahan abnormal dalam gen yang bertanggung jawab untuk mengatur pertumbuhan sel dan menjaganya agar tetap dalam kondisi normal dan sehat. Terkadang kinerja sel-sel itu tidak terkendali. Sel membelah menjadi banyak sel dan menggumpal, dan biasa disebut dengan tumor. Jika tumor di area payudara ini berkembang menjadi tumor ganas,  kondisi inilah yang disebut sebagai penyakit kanker payudara.

Bagaimana Proses Penyebaran Kanker Payudara ?

Seperti dijelaskan di atas, kanker payudara ini muncul diawali dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Awal pertumbuhan sel abnormal tersebut bisa tumbuh dari bagian payudara mana saja. Beberapa diantaranya ada yang menyerang bagian ductal ataupun luberal. Kemudian setelah itu, sel-sel abnormal itu tumbuh dan menyebar ke bagian payudara atau bahkan tubuh yang lainnya. Kanker payudara dapat menyebar ketika sel-sel kanker masuk ke dalam darah atau sistem getah bening dan dibawa ke bagian lain dari tubuh.  Jika sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, kemungkinan sel-sel bisa menyebar melalui sistem getah bening dan menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Jika pengobatan dan penanganan dilakukan secara terlambat, maka penyakit ini bisa berkembang ke stadium yang lebih buruk. Peluang untuk sembuh pun menjadi relatif kecil. Oleh karena itu, deteksi dini mutlak dilakukan. Penanganan lebih dini akan meningkatkan peluang untuk sembuh.

Berikut ini adalah beberapa cara deteksi dini kanker payudara yang bisa anda lakukan :

  • Periksa Payudara Sendiri

Cara yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan saja adalah memeriksa payudara anda sendiri. Periksalah semua bagian yang ada pada bagian payudara anda.  Tekan-tekan dengan lembut ke seluruh bagian payudara, periksa apakah ada sesuatu yang aneh atau tidak. Salah satu hal yang harus anda waspadai adalah jika anda menemukan adanya benjolan pada bagian payudara. Namun demikian, tidak semua benjolan itu adalah gejala kanker, ada beberapa kriteria benjolan yang harus diketahui yakni benjolan itu kecil, tidak bergerak, hanya di satu sisi dan jika di pencet keluar cairan putih.

  • Cek Lebih Lanjut dengan Peralatan Medis

Jika anda menemukan adanya benjolan, segeralah temui dokter untuk melakukan pemeriksaan medis. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa apakah anda menderita kanker payudara atau tidak. Jika diperlukan dokter akan meminta dilakukannya pemeriksaan lanjutan menggunakan CT scan atau MRI. Bisa juga dengan menggunakan sinar laser.

Gejala Kanker Payudara

Untuk melakukan deteksi dini, anda perlu mengenali gejala-gejala penyakit ini. Gejala-gejala umum ini bisa menjadi acuan dan panduan bagi anda. Berikut adalah beberapa gejala kanker payudara yang bisa anda deteksi sendiri :

  • Ada Benjolan pada Payudara
  • Keluar cairan putih dari puting susu
  • Payudara sedikit membesar
  • Kulit payudara mengerut dengan pori-pori yang menonjol
  • Area payudara yang memerah
  • Rasa nyeri pada bagian sisi payudara

Beberapa gejala di atas hanya merupakan gejala awal saja. Sementara kanker payudara stadium lanjut, gejalanya tidak lagi hanya ada di sekitar payudara melainkan dirasakan oleh tubuh secara keseluruhan. Nah adapun beberapa gejala lebih lanjut itu diantaranya adalah :

  • Mual
  • Batuk
  • Sesak nafas
  • Nyeri tulang
  • Sakit kepala hebat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Penyakit kuning
  • Masalah pada penglihatan

Cara Mengatasi dan Mengobati Kanker Payudara

Meski kanker payudara tergolong sebagai salah satu penyakit yang berbahaya dan berat namun bukan berarti tidak dapat diobati. Ada banyak metode yang kini ditawarkan dan dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut. Namun perlu diingat, tingkat keberhasilan pengobatan sangat tergantung pada stadium kanker itu sendiri. Akan lebih baik kalau pengobatan dilakukan sejak dini saat kanker masih ada dalam tahapan stadium awal. Apabila kanker tersebut sudah dalam stadium lanjut, maka pengobatan akan lebih sulit. Kalaupun ada, biasanya biaya yang harus dibayarkan cukup mahal karena harus melakukan proses operasi atau kemoterapi medis secara khusus.

  • Pengobatan Kanker Payudara Secara Alami

Salah satu metode yang bisa dipilih adalah cara pengobatan kanker secara alami. Cara ini sangat baik sekali namun memang membutuhkan waktu yang bertahap untuk bisa sembuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya mengonsumsi bahan-bahan herbal alami yang sudah teruji dan terpercaya. Adapun beberapa bahan yang bisa dijadikan ramuan pengobatan kanker secara alami diantaranya adalah extract kulit manggis, daun sirsak, kunyit, tapak dara dan juga yang lainnya.

Jika anda memutuskan untuk mengkonsumsi produk-produk obat kanker herbal, pastikan produk itu sudah mendapatkan ijin resmi dari BPOM. Hal ini penting, supaya anda terhindar dari kemungkinan bahaya yang bisa terjadi.

  • Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Selain pengobatan secara alami, metode lain yang bisa dipilih untuk mengobati kanker adalah dengan cara medis. Pengobatan secara medis ini memiliki banyak keunggulan dan namun juga memiliki kekurangan. Kelebihannya adalah hasil pengobatan yang relatif lebih cepat, namun dampaknya terkadang ada efek samping buruk yang mungkin terjadi. Kemoterapi adalah metode yang sering dilakukan dalam pengobatan kanker secara medis, termasuk juga beberapa metode lainnya.

Fakta bahwa kanker payudara sangat mematikan harus menjadi kewaspadaan setiap wanita. Melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan mengidap penyakit ini akan sangat membantu proses pengobatan. Semakin cepat diketahui, potensi keberhasilan pengobatan akan semakin tinggi.