Zephanal Plus

Zephanal Plus adalah obat yang digunakan sebagai terapi jangka pendek untuk meredakan nyeri sedang sampai berat. Zephanal Plus mengandung kombinasi tramadol, obat yang termasuk analgetik opioid, dengan paracetamol, obat yang mempunyai aktivitas sebagai analgetic sekaligus antipiretik. Berikut ini adalah informasi lengkap Zephanal Plus yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Zenith Pharmaceuticals

golongan


Harus dengan resep dokter

kemasan


Zephanal Plus dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • 10’s film coated caplet

kandungan


tiap tablet Zephanal Plus mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Tramadol 37.5 mg
  • Paracetamol 325 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Tramadol adalah obat analgetik opioid yang digunakan untuk meredakan nyeri sedang sampai berat. Obat ini sering dikombinasikan dengan paracetamol untuk meningkatkan efek analgetiknya. Tramadol bekerja dengan dua mekanisme. Pertama, dengan mengikat secara stereospesifik reseptor µ-opioid di sistem saraf pusat untuk mengeblok sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri (inflamasi). Kedua, menghambat pelepasan neurotransmitter, serotonin dan norepinephrine dari sistem saraf aferen yang sensitif terhadap rangsang yang berakibat terhambatnya impuls nyeri.

Paracetamol yang dikenal juga dengan nama acetaminophen adalah obat yang digunakan sebagai analgetic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam) yang bisa diperoleh tanpa resep dokter. Meskipun paracetamol memiliki efek anti inflamasi, obat ini tidak dimasukkan sebagai obat NSAID, karena efek anti inflamasinya dianggap tidak signifikan. Cara kerja paracetamol yang diketahui sekarang adalah dengan cara menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri. Dengan dihambatnya kerja enzim COX, maka jumlah prostaglandin pada sistem saraf pusat menjadi berkurang sehingga respon tubuh terhadap nyeri berkurang. Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan cara menurunkan hipotalamus set-point di pusat pengendali suhu tubuh di otak.

Indikasi


Kegunaan Zephanal Plus adalah sebagai berikut :

  • untuk mengobati nyeri sedang sampai berat, baik itu nyeri akut maupun kronis misalnya nyeri pasca operasi.
  • Menangani rasa sakit pada tindakan diagnostik atau terapeutik.
  • The European League Against Rheumatism merekomendasikan penggunaan tramadol untuk pengobatan fibromyalgia, suatu kondisi nyeri yang terjadi hampir di seluruh tubuh, terutama jika ditekan pada bagian tubuh.

Kontra indikasi


  • Jangan diberikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada tramadol atau opioid analgetic lainnya.
  • Jangan diberikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada paracetamol.
  • Tidak boleh diberikan pada penderita yang sedang diterapi dengan obat-obat monoamine oxidase (MAO) inhibitors, obat-obat yang berefek hipnotik dan sedatif, analgetik yang mempengaruhi sistem saraf pusat, dan obat lain golongan opioid.
  • Pecandu alkohol berat.
  • Penderita depresi pernapasan yang signifikan.
  • Obat ini juga kontraindikasi pada penderita asma akut atau asma bronkial berat.

Efek Samping Zephanal Plus


Berikut adalah beberapa efek samping Zephanal Plus :

  • Efek samping Zephanal Plus yang umum misalnya, mual, muntah, pusing, rasa kantuk, sedasi, rasa lelah, sakit kepala, berkeringat, pruritis, kulit kemerahan, mulut kering, dispepsia dan sembelit.
  • Meskipun tramadol bekerja dengan cara mengikat secara stereospesifik reseptor µ-opioid di sistem saraf pusat, efek samping berupa ketergantungan obat sampai sekarang relatif jarang terjadi.
  • Obat yang mengandung paracetamol menyebabkan kerusakan hati terutama jika penggunaanya melebihi dosis yang dianjurkan, dan pasien adalah pengguna alkohol aktif.
  • Efek samping pada ginjal relatif jarang. Namun pada penggunaan jangka panjang, paracetamol dapat meningkatkan resiko kerusakan ginjal termasuk gagal ginjal akut.
  • Pada tahun 2013, FDA (US Food and Drug Administration) memberikan peringatan kemungkinan terjadinya efek samping pada kulit seperti sindrom stevens-johnson dan nekrolisis epidermal toksik akibat pemakaian obat-obat yang mengandung paracetamol, meski hal ini sangat jarang namun bisa fatal jika terjadi.
  • Reaksi hipersensitivitas akibat pemakaian obat ini bisa terjadi namun jarang. Jika terjadi, bisa menyebabkan syok anafilaksis yang berakibat fatal.

Baca dosis, efek jika digunakan oleh wanita hamil, dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan Zephanal Plus di halaman berikutnya…