Zolagel diaper

Zolagel diaper adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit bayi, misalnya ruam popok. Zolagel diaper mengandung zat aktif miconazole yang termasuk obat anti jamur golongan imidazole, dikombinasikan dengan Zn oxide, senyawa anorganik yang bisa digunakan sebagai penghilang bau dan mempunyai sifat anti bakteri. Berikut ini adalah informasi lengkap zolagel diaper yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Global multi pharmalab

golongan


Bisa diperoleh tanpa resep dokter

kemasan


Zolagel diaper dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 10 gram salep

kandungan


tiap gram zolagel diaper mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • miconazole nitrate 2.5 mg
  • Zn oxide 150 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Miconazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur pada kulit seperti (panu, kurap, dan kaki atlet), dan infeksi jamur pada mulut dan vagina. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai obat sariawan pada bayi. Obat ini termasuk golongan imidazole yang bekerja dengan cara mengubah permeabilitas dinding sel jamur. Miconazole mengikat fosfolipid dalam membran sel dan menghambat biosintesis ergosterol dan sterol lain yang diperlukan untuk produksi membran sel. Hal ini menyebabkan kematian sel melalui hilangnya unsur intraseluler.

Miconazole juga biasa dikombinasikan dengan dexamethasone atau betamethasone sebagai cream topikal untuk mengobati tinea corporis (kurap), tinea cruris (jock itch/gatal atlet), atau tinea pedis (athlete’s foot/kaki atlet).

Zn oxide adalah senyawa anorganik yang bisa digunakan sebagai penghilang bau dan mempunyai sifat anti bakteri. Zn oxide juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi kulit, dalam produk-produk bedak, cream atau salep. senyawa ini bisa digunakan untuk mengobati ruam popok bayi, sebagai cream calamine, shampo anti ketombe, salep anti septik, dan cream tabir surya.

Indikasi


Berikut ini adalah beberapa kegunaan zolagel diaper :

  • Zolagel diaper digunakan untuk mengobati infeksi kering atau basah pada kulit bayi dan anak-anak akibat terlalu lama kontak dengan urin dan tinja saat menggunakan popok.

Kontra indikasi


  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada miconazole atau obat golongan imidazole lainnya, serta komponen lain obat ini.

Efek samping


Berikut adalah beberapa efek samping zolagel diaper :

  • Sediaan topical yang digunakan pada kulit umumnya mempunyai efek samping seperti rasa panas, eritema, edema, gatal, rasa seperti terbakar, pedih, urtikaria, dan kejadian iritasi umum lain.

Perhatian


Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan zolagel diaper adalah sebagai berikut :

  • Pemakaian harus dihentikan jika muncul ruam kulit atau tanda lain yang menunjukkan reaksi alergi.

interaksi obat


Tidak ada interaksi obat yang signifikan untuk sediaan topikal. Namun, untuk sediaan oral ada beberapa interaksi dengan obat lain :

  • miconazole dapat meningkatkan konsentrasi serum phenytoin dan fosphenytoin.
  • Dapat mengurangi efek terapi Saccharomyces boulardii. Kombinasi kedua obat ini sebaiknya tidak dilakukan.
  • Dapat meningkatkan efek hipoglikemik obat-obat golongan sulfonilurea.
  • meningkatkan konsentrasi antikoagulan warfarin.

Dosis zolagel diaper


Zolagel diaper diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • bersihkan dan keringkan area kulit yang terinfeksi sebelum menggunakan obat.
  • oleskan obat pada seluruh area kulit yang terinfeksi.
  • obat dioleskan 2 x sehari selama setidaknya 10 hari setelah lesi sembuh.

Terkait


Jika informasi ini berguna, bagikan ke teman – teman anda