Guardix Sol Adhesion Barrier

Guardix Sol Adhesion Barrier adalah obat yang digunakan untuk meminimalkan perlekatan jaringan pada area tubuh pasca menjalani operasi. Guardix Sol Adhesion Barrier adalah larutan kental (gel) steril, transparan dan tidak berwarna, yang mengandung dua polisakarida anionik, sodium hyaluronate (HA) dan sodium carboxymethylcellulose (CMC).

Guardix Sol Adhesion Barrier bersifat bioresisten. Larutan ini secara perlahan diserap kembali dalam waktu 14 hari dan diekskresikan dalam waktu kurang dari 28 hari. Berikut ini adalah informasi lengkap obat Guardix Sol Adhesion Barrier yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Daewoong Pharmaceutical / PT. Dexa Medica

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Guardix Sol Adhesion Barrier dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • 1.5 g x 1’s topical solution
  • 5 g x 1’s topical solution

Kandungan

Tiap kemasan obat Guardix Sol Adhesion Barrier mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Na hyaluronate (HA)
  • Na carboxymethylcellulose (CMC)

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium hyaluronate adalah obat untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Obat Sodium hyaluronate adalah garam natrium dari Hyaluronic acid, senyawa glikosaminoglikan yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia.

Sodium hyaluronate berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Carboxymethyl cellulose (CMC) adalah derivat selulosa dengan gugus karboksimetil (-CH2-COOH) yang terikat pada beberapa gugus hidroksil dari monomer glukopiranosa yang membentuk tulang selulosa. Umumnya digunakan sebagai garam natriumnya, yaitu sodium carboxymethylcellulose. CMC digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari produk makanan sebagai pengontrol kekentalan, dan untuk menstabilkan emulsi dalam berbagai produk termasuk es krim. Digunakan juga dalam produk-produk non-makanan, seperti pasta gigi, obat pencahar, pil diet, cat berbasis air, deterjen, tekstil, dan berbagai produk kertas. Senyawa ini sering digunakan terutama karena memiliki viskositas tinggi, tidak beracun, dan umumnya dianggap hypoallergenic. CMC juga digunakan dalam produk obat-obatan sebagai zat pengental, misalnya dalam sediaan tetes mata. Bisa digunakan dalam proses pembedahan untuk mencegah terjadinya adhesi/perlekatan usus atau jaringan lainnya.

Indikasi

Kegunaan Guardix Sol Adhesion Barrier adalah untuk meminimalkan perlekatan jaringan pada area tubuh pasca menjalani operasi. Larutan ini berfungsi sebagai penghalang mekanik biodegradable sementara yang memisahkan permukaan jaringan yang berlawanan saat proses perbaikan jaringan normal berlangsung. Guardix Sol Adhesion Barrier adalah solusi tambahan dalam prosedur bedah, untuk mengurangi frekuensi kejadian, luas dan tingkat keparahan adhesi pascaoperasi.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap komponen larutan ini.
  • Kontraindikasi bila ada infeksi/terkontaminasi dan eretisme.

Efek Samping Guardix Sol Adhesion Barrier

Berikut adalah beberapa efek samping Guardix Sol Adhesion Barrier yang diketahui :

  • Larutan ini secara umum bisa ditoleransi oleh sebagian besar orang. Efek samping yang terjadi relatif jarang. Efek samping yang bisa terjadi misalnya infeksi, alergi, nyeri, dan radang/inflamasi.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya tidak digunakan untuk pasien yang mengalami koagulasi darah atau limfe.
  • Hati-hati menggunakannya pada penderita penyakit autoimun.
  • Hati-hati menggunakannya untuk pasien yang menjalani pembedahan pada usus atau saluran kemih.
  • Hati-hati menggunakannya untuk pasien yang sedang menggunakan obat diabetes/kencing manis.
  • Sebaiknya tidak digunakan bersama produk anti adesi lainnya atau produk dan obat hemostatik.
  • Hati-hati menggunakannya untuk penderita gangguan ginjal dan hati.
  • hati-hati menggunakannya untuk ibu hamil.
  • Meskipun sangat jarang, jika terjadi reaksi laergi segera hentikan penggunaannya.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat yang terjadi jika digunakan dengan obat-obat lain :

  • Karena Guardix Sol Adhesion Barrier diendapkan oleh bakteri amina kuartener atau desinfektan misalnya, benzalkonium klorida dan klorheksidin, dan lain-lain, perhatian yang memadai harus diberikan.

Dosis Guardix Sol Adhesion Barrier

Guardix Sol Adhesion Barrier diberikan dengan dosis berikut :

  • Gunakan hati-hati pada area yang diinginkan.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Guardix Sol Adhesion Barrier harus sesuai dengan yang dianjurkan.