Hyaloph eye drops 1 mg/mL

Hyaloph eye drops adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan sensasi terbakar, iritasi dan ketidaknyamanan akibat mata kering. Obat tetes mata ini juga digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada permukaan mata. Hyaloph eye drops mengandung Sodium Hyaluronate yang merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Hyaloph eye drops yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Sanbe Farma

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Hyaloph eye drops dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  •  (Dropper-tip plastic bottle) 5 mL x 1’s

Kandungan

Tiap kemasan obat Hyaloph eye drops mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Sodium Hyaluronate 1 mg/mL

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium hyaluronate adalah obat untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Obat Sodium hyaluronate adalah garam natrium dari Hyaluronic acid, senyawa glikosaminoglikan yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia.

Sodium hyaluronate berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Indikasi

Kegunaan Hyaloph eye drops (Sodium hyaluronate) adalah untuk menghilangkan sensasi terbakar, iritasi dan ketidaknyamanan akibat mata kering. Obat tetes mata ini juga digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada permukaan mata yang rusak seperti pada Sjogren’s & sicca syndrome.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Sodium hyaluronate.

Efek Samping Hyaloph eye drops

Berikut adalah beberapa efek samping Hyaloph eye drops (Sodium hyaluronate) yang diketahui :

  • Efek samping obat tetes mata ini diantaranya adalah gatal, iritasi dan hiperemia pada mata. Hentikan penggunaan bila efek samping tersebut terjadi.
  • Efek samping lainnya misalnya reaksi hipersensitivitas seperti blepharitis, dermatitis kelopak mata, konjungtivitis, infeksi konjungtiva, lesi kornea (misalnya keratitis superfisial difus), dan mata berarir.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Waspadai terjadinya reaksi hipersensitivitas.
  • Jangan menggunakan obat tetes mata ini pada saat menggunakan lensa kontak lunak (soft contact lenses).
  • Obat ini mengandung bahan pengawet yaitu benzalkonium chloride, bahan ini memiliki efek sitotoksik sehingga perlu pengawasan ketat jika frekuensi penggunaannya sering atau digunakan secara jangka panjang untuk mata kering atau pada kondisi dimana terdapat gangguan kornea. Bahan pengawet ini juga dapat diserap oleh lensa kontak lunak. Oleh karena itu, setelah penggunaan obat sebaiknya tunggu minimal 10 menit sebelum menggunakan kembali lensa kontak.

Penggunaan obat Hyaloph eye drops untuk wanita hamil

Dalam percobaan hewan (kelinci), teratogenisitas tidak terjadi. Namun karena keamanan Sodium hyaluronate untuk ibu hamil belum ditetapkan, penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati.

Dosis Hyaloph eye drops

Hyaloph eye drops (Sodium hyaluronate) diberikan dengan dosis berikut :

  • 1 tetes, 5–6 x sehari

Aturan Pakai

  • Obat ini hanya digunakan sebagai tetes mata saja.
  • Jangan menyentuh mata dengan ujung botol secara langsung agar terhindar dari kontaminasi.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Hyaloph eye drops (Sodium hyaluronate) harus sesuai dengan yang dianjurkan.