ulcumaag

Ulcumaag adalah obat saluran pencernaan yang digunakan secara oral terutama untuk mengobati ulkus duodenum aktif. Ulcumaag adalah obat yang mengandung sucralfate, suatu senyawa kompleks aluminium hidroksida dan sukrosa sulfat yang berfungsi sebagai antasida minimal. Berikut ini adalah informasi lengkap ulcumaag yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik


Pyridam

golongan


Harus dengan resep dokter

kemasan


ulcumaag dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Dos 100 kaplet

kandungan


tiap kemasan ulcumaag mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Sucralfate 500 mg / kaplet

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)


Sucralfate adalah agen sitoprotektif, obat saluran pencernaan yang digunakan secara oral terutama untuk mengobati ulkus duodenum aktif. Obat ini adalah suatu senyawa kompleks aluminium hidroksida dan sukrosa sulfat yang berfungsi sebagai antasida minimal. Sucralfate bekerja pada lingkungan asam, bereaksi dengan asam klorida dalam lambung untuk membentuk kompleks kental seperti pasta yang bertindak sebagai penyangga asam selama 6 sampai 8 jam. Obat ini juga merangsang produksi bikarbonat dan bertindak seperti buffer asam dengan sifat sitoprotektif. Sucralfate menempel pada protein di permukaan ulkus, seperti albumin dan fibrinogen, untuk membentuk kompleks larut stabil. Kompleks ini berfungsi sebagai penghalang dan pelindung permukaan ulkus, mencegah kerusakan lebih lanjut yang disebabkan karena asam, pepsin, dan empedu.

Indikasi ulcumaag


Kegunaan ulcumaag (sucralfate) adalah untuk pengobatan kondisi-kondisi berikut :

  • Tukak usus duabelas jari (duodenum) aktif yang tidak disebabkan oleh penggunaan NSAID. Obat digunakan dalam jangka pendek (maksimal 8 minggu).
  • Tukak lambung yang tidak disebabkan oleh penggunaan NSAID.
  • Terapi pemeliharaan pada proses penyembuhan tukak usus duabelas jari.
  • Aphthous ulcer dan stomatitis yang disebabkan oleh radiasi atau kemoterapi.
  • Gastro esophageal reflux disease (GERD) selama kehamilan. Ulcumaag (sucralfate) merupakan obat lini pertama yang digunakan pada kondisi ini. Biasanya dikombinasikan dengan pengaturan gaya hidup.
  • Stres ulkus profilaksis dan mengurangi risiko ventilator-associated pneumonia (VAP).
  • Ulcumaag (sucralfate) mampu menghambat pembentukan striktur pada luka bakar korosif dan dapat digunakan dalam pengobatan korosif esophagitis untuk meningkatkan penyembuhan mukosa dan menekan pembentukan striktur.
  • perdarahan rektal dan manajemen setelah iradiasi untuk kanker serviks uterus.
  • Hyperphosphatemia akibat gagal ginjal.

Baca efek samping, kontra indikasi dan hal-hal yang harus diperhatikan pasien saat menggunakan obat ini di halaman berikutnya…