Afamed 500

Afamed 500 adalah suplemen kesehatan untuk memelihara daya tahan tubuh. Obat Afamed 500 diolah dari Aphanizomenon Flos-Aquae (AFA), salah satu spesies cyanobacteria (alga biru-hijau).

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Afamed 500 yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

PT Futamed Pharmaceutical

Golongan

Bisa didapatkan tanpa resep dokter

Kemasan

Afamed 500 dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Box 3 × 10’s capsul 500 mg

kandungan

Tiap kemasan obat Afamed 500 mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Aphanizomenon Flos-Aquae (AFA) 500 mg/capsul

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Aphanizomenon flos-aquae adalah salah satu spesies cyanobacteria (alga biru-hijau) yang banyak diolah menjadi suplemen makanan. Aphanizomenon flos-aquae (AFA) diketahui mengandung sumber nutrisi seperti vitamin, mineral, asam lemak esensial (termasuk asam lemak omega 3), beta-karoten, klorofil, phycocyanin, enzim aktif, asam amino, protein, gula kompleks, fitonutrien, dan bahan bioaktif lainnya.

Aphanizomenon flos-aquae (AFA) mampu meningkatkan kadar Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA). EPA dan DHA diketahui berperan penting terhadap fungsi optimal berbagai sistem organ, termasuk sistem saraf.

Molekul khusus yang menyebabkan warna biru pada alga biru-hijau disebut phycocyanin. Tergantung jenis alga, jumlah phycocyanin dapat mencapai hingga 15% dari berat keringnya. Phycocyanin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada yang mempelajari pengaruh Aphanizomenon flos-aquae (AFA) pada sistem kekebalan dan endokrin, serta pada fisiologi darah umum, menemukan bahwa mengkonsumsi alga ini meningkatkan kemampuan sel pembunuh alami (NKCs). Aphanizomenon flos-aquae memicu pergerakan 40% NKC yang bersirkulasi dari darah ke jaringan. Sel pembunuh alami atau sel NK adalah sejenis limfosit sitotoksik yang penting bagi sistem kekebalan bawaan. Sel NK memberikan respon cepat terhadap sel yang terinfeksi virus, bekerja sekitar 3 hari setelah infeksi, dan merespons pembentukan tumor.

Meskipun produk-produk suplemen yang berasal dari alga biru-hijau biasa digunakan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa, beberapa ahli mengingatkan tentang potensi adanya microcystin, produk sampingan dari ganggang biru-hijau yang bersifat toksik. Untuk mengatasi hal ini, pihak-pihak terkait di negara tersebut telah mengeluarkan peraturan tentang batas kandungan microcystin dalam produk suplemen yang berasal dari alga biru-hijau.

Indikasi

Kegunaan Afamed 500 adalah sebagai suplemen makanan untuk mempertahankan daya tahan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kontraindikasi

  • Kontraindikasi terhadap pasien yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap Aphanizomenon Flos-Aquae (AFA) dan produk-produk yang berasal dari alga biru-hijau lainnya.

Efek samping Afamed 500

Belum ada laporan efek samping yang signifikan setelah mengkonsumsi produk-produk suplemen yang mengandung Aphanizomenon Flos-Aquae. Meskipun begitu, seperti halnya semua produk kesehatan lainnya potensi efek samping tetap dimungkinkan terjadi. Oleh karena itu, jika Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa setelah mengkonsumsi produk suplemen ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan obat Afamed 500 adalah sebagai berikut :

  • Jika Anda sedang hamil atau sedang menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan/dokter sebelum menggunakan suplemen yang berasal dari alga hijau-biru.
  • Simpan produk suplemen ini pada suhu kamar dibawah 25°C, kering dan terlindung dari cahaya matahari langsung.

Penggunaan Obat Afamed 500 Untuk Ibu Hamil

Belum ada penelitian klinis yang terkendali dengan baik yang memperlihatkan efek penggunaan suplemen yang berasal dari Aphanizomenon Flos-Aquae (AFA) terhadap janin manusia. Oleh karena itu, penggunaan Afamed 500 untuk ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat Afamed 500 jika digunakan bersamaan dengan obat-obat lain :

  • Belum ada data interaksi yang tersedia.

Dosis Afamed 500

Afamed 500 diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • Dosis dewasa : 2 x sehari 1 capsul.

Aturan pakai :

  • Diminum sebelum atau sesudah makan pada pagi dan malam hari.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Afamed 500 harus sesuai dengan yang dianjurkan.