Baquinor Tetes Mata (Eye Drops)

Baquinor Tetes Mata adalah sediaan obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri yang peka, seperti tukak kornea dan konjungtivitis. Baquinor Tetes Mata mengandung Ciprofloxacin, obat yang termasuk antibiotik golongan fluorokuinolon generasi ke 2.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Baquinor Tetes Mata yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Sanbe Farma

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Obat Baquinor Tetes Mata dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • botol 5 mL Tetes mata 3 mg/mL

Kandungan

Tiap kemasan obat Baquinor Tetes Mata mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Ciprofloxacin 3 mg/mL tetes mata

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Ciprofloxacin  adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih (ISK), infeksi saluran pernafasan, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi tulang dan sendi, infeksi saluran pencernaan, infeksi genital, dan infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri yang rentan.

Ciprofloxacin adalah antibiotik golongan fluoroquinolone generasi ke 2 yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. Mekanisme aksi antibiotik ini adalah dengan cara menghambat dua tipe enzim II topoisomerase yaitu DNA Gyrase dan topoisomerase IV. Topoisomerase IV memerlukan DNA terpisah yang telah direplikasi sebelum pembelahan sel bakteri. Dengan DNA yang tidak dipisahkan, proses terhenti dan bakteri tidak bisa membagi. Sedangkan DNA gyrase bertanggungjawab untuk supercoil DNA sehingga akan cocok di dalam sel yang baru terbentuk. Kombinasi dari dua mekanisme di atas akan membunuh bakteri sehingga Ciprofloxacin digolongkan sebagai bakterisida.

Ciprofloxacin pada umumnya dipasarkan berupa Ciprofloxacin 250 mg / tablet atau 500 mg / tablet. Sediaan lain bisa berupa infus, sediaan tetes mata, atau tetes telinga.

Indikasi

Kegunaan Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) adalah untuk mengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri yang peka, seperti ulkus kornea dan konjungtivitis (radang selaput ikat mata).

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan obat tetes mata Baquinor Tetes Mata pada pasien dengan dengan riwayat hipersensitif atau alergi obat Ciprofloxacin dan antibiotik golongan kuinolon lainnya.

Efek Samping Baquinor Tetes Mata

Kebanyakan efek samping Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) bersifat ringan sampai sedang yang akan segera hilang ketika pemberian obat dihentikan. Namun, efek samping serius kadang terjadi. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi :

  • Efek samping Baquinor Tetes Mata yang relatif sering terjadi adalah rasa ketidaknyamanan lokal pada mata, misalnya mata panas seperti terbakar atau tidak nyaman, dan gatal-gatal.
  • Pada penggunaan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan edema kelopak mata, keluar air mata secara berlebihan, pengendapan kristal putih pada kornea (White crystalline precipitate).
  • Efek samping yang relatif jarang seperti : conjunctival hyperemia, chemosis, photopobia, rasa pahit di lidah, gatal-gatal.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) adalah sebagai berikut :

  • Penggunaan obat tetes mata yang mengandung antibiotik ciprofloxacin untuk penderita penyakit hati harus dilakukan secara hati-hati.
  • Keamanan dan efektivitas obat ini terhadap ibu hamil dan ibu menyusui belum diketahui. Oleh karena itu sebaiknya Baquinor Tetes Mata tidak diberikan kepada pasien golongan ini.
  • Pemakaian antibiotik termasuk ciprofloxacin dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pertumbuhan berlebihan mikrorganisme lain yang tidak sensitive, termasuk jamur. Jika terjadi superinfeksi segera hubungi dokter.
  • Keamanan dan efektivitas pada pasien anak-anak berusia kurang dari 12 tahun belum diketahui.
  • Jika timbul ruam kulit atau tanda-tanda reaksi alergi lainnya, segera hentikan penggunaan Baquinor Tetes Mata.
  • Simpan obat tetes mata ini di tempat yang kering dan sejuk, terlindung dari cahaya matahari langsung.

Penggunaan obat Baquinor Tetes Mata untuk ibu hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Ciprofloxacin kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Meskipun hasil studi pada hewan tidak selalu equivalen dengan hasil pada manusia, namun efek buruk obat ini pada janin hewan harus menjadi pertimbangan serius sebelum menggunakan Ciprofloxacin untuk ibu hamil. Oleh karena obat ini diketahui mampu menembus sawar plasenta, sebaiknya kalaupun harus digunakan harus di bawah pengawasan dokter.

Interaksi obat

Belum diketahui apakah penggunaan ciprofloxacin dalam sediaan tetes mata mampu masuk secara sistemik dalam jumlah yang signifikan. Sebagai pertimbangan, berikut adalah data interaksi yang mungkin terjadi jika Ciprofloxacin digunakan secara oral atau intravena :

  • Penggunaan bersama antasida yang mengandung magnesium hidroksida atau aluminium hidroksida, menurunkan penyerapan Ciprofloxacin oleh usus.
  • Hal yang sama terjadi jika diberikan bersamaan dengan suplemen zat besi dan multi-vitamin yang mengandung zinc.
  • Sebaiknya tidak diberikan bersamaan dengan susu, produk yang kaya kalsium, multivitamin oral dan suplemen mineral yang mengandung kation divalen atau trivalen (misalnya Fe, Zn, Ca) karena bisa menurunkan level Ciprofloxacin dalam darah di bawah level yang dibutuhkan.
  • Ciprofloxacin menunjukkan potensi untuk menghambat kerja enzim yang memecah tizanidine, theophylline, caffeine, methylxanthines, clozapine, olanzapine, dan ropinirole. Hal ini dapat meningkatkan level obat tersebut dalam darah, sehingga menyebabkan efek samping yang lebih potensial.
  • Dalam dosis tinggi, penggunaan Ciprofloxacin bersamaan dengan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat menyebabkan kejang. beberapa merk-merk obat yang termasuk NSAID misalnya mefinal yang mengandung asam mefenamat, dan voltadex yang mengandung diclofenac.
  • Meningkatkan efek antikoagulan oral (misalnya warfarin) dan anti diabetes glibenclamide.
  • Meningkatkan toksisitas methotrexate.
  • Konsentrasi plasma Ciprofloxacin dapat ditingkatkan oleh probenesid.
  • Penggunaan bersamaan dengan antiaritmia kelas IA (misalnya quinidine, procainamide), antiaritmia kelas III (misalnya amiodarone, sotalol), TCA, makrolides dan antipsikotik dapat menyebabkan efek aditif pada perpanjangan interval QT.
  • Penggunaan bersamaan dengan kortikosteroid (misalnya dexamethasone, betamethasone) dapat meningkatkan risiko gangguan tendon parah.
  • Interaksi yang berpotensi fatal : Peningkatan kadar tizanidine dalam serum yang bisa menyebabkan efek hipotensi dan sedatif.

Dosis Baquinor Tetes Mata

Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) diberikan dengan dosis berikut :

  • Corneal ulcers/tukak kornea :

Hari 1 : 2 tetes setiap 15 menit selama 6 jam pertama, selanjutnya berikan setiap 30 menit. Hari 2 : 2 tetes setiap 1 jam. Hari ke 3-14 : 2 tetes setiap 4 jam.

  • Conjunctivitis :

1-2 tetes setiap 2 jam selama 2 hari, dilanjutkan 1-2 tetes setiap 4 jam selama 5 hari berikutnya.

Dosis lazim sediaan tetes mata yang mengandung Ciprofloxacin

Ulkus kornea bakteri

  • Dewasa : larutan 0,3% : Hari 1: 2 tetes ke mata yang terkena setiap 15 menit untuk 1-6 jam pertama, lalu 2 tetes setiap 30 menit setelahnya. Hari 2 : 2 tetes setiap 1 jam. Hari 3-14 : 2 tetes setiap 4 jam. Durasi maksimal : 21 hari.
  • Anak berusia > 1 tahun : sama seperti dosis dewasa.

Infeksi okular superfisial

  • Dewasa : untuk sediaan larutan 0,3% : 1 atau 2 tetes di mata yang terkena 4 kali sehari. Infeksi parah : 1 atau 2 tetes setiap 2 jam selama bangun tidur selama 2 hari pertama. Durasi maksimal : 21 hari. Sebagai salep : Terapkan 3 x sehari 1,27 cm selama 2 hari, lalu 2 x sehari selama 5 hari ke depan.
  • Anak berusia > 1 tahun : Sama seperti dosis dewasa.

Ringkasan hal-hal penting terkait obat Baquinor Tetes Mata

  • Antibiotik termasuk Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) hanya digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang rentan. Jangan menggunakan antibiotik ini untuk penyakit yang disebabkan oleh virus.
  • Buang semua sisa obat Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) yang tidak terpakai saat kedaluwarsa atau bila tidak lagi dibutuhkan. Jangan gunakan obat ini setelah tanggal kedaluwarsa pada label telah berlalu.
  • Gunakan obat Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) sesuai dengan aturan. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.
  • Jangan berbagi obat dengan orang lain, meskipun mereka memiliki gejala penyakit yang sama dengan Anda.
  • Simpan obat pada suhu ruangan. Hindarkan dari kelembaban dan panas.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Baquinor Tetes Mata (Ciprofloxacin) harus sesuai dengan yang dianjurkan.