Bonefos 800 mg Tablet

Bonefos tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati lesi osteolitik, hiperkalsemia dan nyeri tulang yang berhubungan dengan metastasis tulang pada pasien dengan kanker. Bonefos tablet mengandung zat aktif Clodronate disodium, obat yang termasuk obat golongan bifosfonat generasi pertama.

Berikut adalah informasi lengkap Bonefos tablet yang disertai tautan merk-merk obat lain yang mengandung zat aktif yang sama.

Pabrik

Bayer Schering Pharma

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Bonefos tablet dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • dos 30’s tablet 800 mg

Kandungan

Tiap kemasan Bonefos tablet mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Disodium clodronate tetrahydrate 1000 mg setara dengan 800 mg anhydrous disodium clodronate/tablet

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Clodronic acid atau Clodronate disodium adalah obat yang digunakan untuk mengobati lesi osteolitik, hiperkalsemia dan nyeri tulang yang berhubungan dengan metastasis tulang pada pasien dengan kanker payudara atau multiple myeloma. Obat ini juga diindikasikan untuk pemeliharaan penerimaan kadar serum kalsium secara klinis pada pasien dengan hypercalcaemia of malignancy yang awalnya diobati dengan bifosfonat intravena.

Clodronate disodium adalah obat golongan bifosfonat generasi pertama (non-nitrogen) yang termasuk kelompok analog dari pirofosfat. Analog pirofosfat secara in vitro, mampu menghambat pembentukan dan penghancuran kalsium fosfat (hidroksiapatit). Dan secara in vivo, obat ini telah terbukti menghambat resorpsi tulang untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, tergantung pada senyawa. Di antara analog pirofosfat, clodronate adalah salah satu yang paling efektif dalam hal ini.

Indikasi

Berikut adalah beberapa kegunaan Bonefos tablet (Clodronate disodium) :

  • Untuk mengobati lesi osteolitik, hiperkalsemia dan nyeri tulang yang berhubungan dengan metastasis tulang pada pasien dengan kanker payudara atau multiple myeloma. (Baca juga penjelasan lengkap penyakit kanker payudara)
  • Obat ini juga digunakan untuk pemeliharaan penerimaan kadar serum kalsium secara klinis pada pasien dengan hypercalcaemia of malignancy yang awalnya diobati dengan bifosfonat intravena.
Baca Juga  Bodrex EXTRA

Kontra indikasi

  • Jangan gunakan Bonefos tablet untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Clodronate disodium.
  • Kontraindikasi digunakan secara bersamaan dengan obat golongan bisphosphonates lainnya.
  • Kontraindikasi pada pasien gagal ginjal berat dengan kreatinin di bawah 10 mL/ menit.

Efek Samping Bonefos tablet

Berikut adalah beberapa efek samping Bonefos tablet (Clodronate disodium) yang diketahui :

  • Efek samping Bonefos tablet (Clodronate disodium) yang umum misalnya, gangguan ringan pada saluran pencernaan seperti mual, dan muntah.
  • Obat ini juga menimbulkan reaksi hipersensitivitas pada kulit, terutama pada orang yang peka.
  • Clodronate disodium diekskresikan melalui ginjal, oleh karena itu efek samping berupa disfungsi ginjal harus diwaspadai.
  • Bisa menyebabkan peningkatan kreatinin serum, hormon paratiroid, asam laktat dehidrogenase, transaminase dan alkali fosfatase. Namun peningkatan ini reversibel.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan Bonefos tablet adalah sebagai berikut :

  • Bonefos tablet harus digunakan secara hati-hati pada pasien dengan gangguan ginjal. Asupan cairan yang cukup harus dipertahankan selama pengobatan. Hal ini sangat penting ketika Bonefos tablet (Clodronate disodium) digunakan untuk pasien dengan hiperkalsemia atau gangguan ginjal. Kreatinin serum, kalsium serum dan kadar fosfat harus dipantau sebelum dan selama pengobatan.
  • Osteonekrosis rahang, umumnya terkait dengan pencabutan gigi dan / atau infeksi lokal (termasuk osteomyelitis), telah dilaporkan pada pasien kanker yang menerima pengobatan dengan Clodronate disodium, terutama secara intravena. Pemeriksaan gigi harus dipertimbangkan sebelum pengobatan pada pasien dengan faktor risiko (kanker misalnya, kemoterapi, radioterapi, penggunaan kortikosteroid, dan memiliki kebersihan mulut yang buruk). Saat menjalani pengobatan, pasien harus menghindari prosedur invasif gigi jika memungkinkan, karena hal itu dapat memperburuk kondisi.
  • Osteonekrosis saluran pendengaran eksternal telah dilaporkan pada penggunaan obat-obat bifosfonat, terutama jika digunakan pada terapi jangka panjang. Faktor risiko yang meningkatkan situasi ini misalnya penggunaan steroid dan kemoterapi dan / atau faktor risiko lokal seperti infeksi atau trauma. Gejala osteonekrosis saluran pendengaran eksternal salah satunya infeksi telinga kronis.
  • Penghentian terapi pada pasien yang diduga memiliki patah tulang paha atipikal harus dipertimbangkan sambil menunggu evaluasi pasien, berdasarkan penilaian risiko manfaat individu.
  • Tidak diketahui apakah obat ini diekskresikan dalam air susu ibu. Untuk menghindari efek buruk yang mungkin terjadi, menyusui harus dihentikan selama pengobatan dengan obat ini.
Baca Juga  Pehatrim suspensi

Penggunaan Bonefos tablet untuk wanita hamil

Data penggunaan Clodronate disodium pada wanita hamil sangat terbatas. Obat ini tidak dianjurkan selama kehamilan dan pada wanita usia subur yang tidak menggunakan kontrasepsi yang efektif.

Meskipun pada hewan obat ini mampu melewati sawar plasenta, tidak diketahui apakah hal yang sama terjadi pada manusia. Selain itu, tidak diketahui apakah Clodronate disodium dapat menyebabkan kerusakan janin atau mempengaruhi reproduksi pada manusia.

Interaksi obat

Berikut adalah efek yang terjadi jika Bonefos tablet (Clodronate disodium) digunakan dengan obat-obat lain :

  • Penggunaan bersamaan dengan bifosfonat lainnya merupakan kontraindikasi.
  • Penggunaan bersamaan dengan NSAID (misal asam mefenamat, natrium diclofenac, dan lain-lain), waspadai peningkatan efek samping pada ginjal.
  • Aminoglikosida dan Bonefos tablet (Clodronate disodium) sama-sama bisa menyebabkan hipokalsemia. Oleh karena itu penggunaan bersamaan harus dilakukan secara hati-hati.
  • Penggunaan bersamaan dengan estramustine fosfat meningkatkan konsentrasi serum estramustine fosfat sampai 80%.
  • Bonefos tablet (Clodronate disodium) membentuk kompleks dengan ion logam bervalensi dua yang bisa menggangu penyerapan. Penggunaan bersamaan dengan makanan, antasida dan suplemen mineral juga menyebabkan hal yang sama.

Dosis Bonefos tablet dan cara pakai

Bonefos tablet (Clodronate disodium) diberikan dengan dosis :

  • Obat digunakan dalam dosis harian 1600 mg, sebagai dosis tunggal. Ketika dosis harian yang lebih tinggi digunakan, bagian dari dosis melebihi 1600 mg harus diambil secara terpisah (sebagai dosis kedua).
  • Asupan cairan yang cukup harus dipertahankan selama pengobatan. Bonefos tablet 800 mg dapat dibagi menjadi 2 untuk memudahkan menelan, tapi harus digunakan bersamaan. Tablet dapat dibagi menurut garis takik. Tablet Bonefos tidak boleh dihancurkan atau dilarutkan sebelum digunakan.
  • Dosis tunggal harian dan dosis pertama sebaiknya diambil pada pagi hari saat perut kosong bersama dengan segelas air. Usahakan untuk tidak makan, minum (selain air putih), dan menggunakan obat oral lainnya selama satu jam.
  • Jika dosis harian melebihi 1600 mg sehingga diambil 2 x, dosis pertama harus diambil seperti yang direkomendasikan di atas. Dosis kedua harus diambil di antara waktu makan, lebih dari satu jam sebelum dan dua jam setelah makan, minum (selain air putih), atau mengambil obat-obatan oral lain.
  • Iangan digunakan bersama dengan susu, makanan atau obat-obatan yang mengandung kalsium atau kation divalen lain karena mereka mengganggu penyerapan Clodronate.
Baca Juga  Bonefos infus 60 mg/mL

Penyesuaian dosis untuk penderita kelainan ginjal :

  • ringan (50-80 ml / menit) : 1600 mg/hari (tidak ada pengurangan dosis yang dianjurkan)
  • sedang (30- <50 ml / menit) : 1200 mg/hari
  • berat (10 <30 ml / menit) : 800 mg/hari

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Bonefos tablet harus sesuai dengan yang dianjurkan.