8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Anda tentu pernah melihat buah naga di toko buah, pasar, maupun swalayan. Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan? Buah naga memiliki manfaat yang sangat banyak, antara lain mampu meningkatkan imunitas tubuh. Sebelum membahas mengenai manfaat buah naga, mari berkenalan lebih dekat dengan buah yang banyak digunakan sebagai makanan penutup ini.

Buah asli Amerika Latin ini sering dikira berasal dari daratan Cina karena terdapat kata “naga” dalam namanya di Indonesia. Hal tersebut karena naga kerap dikaitkan dengan dewa-dewa dalam mitologi Cina.

Asal muasal nama buah naga ini dimulai ketika tahun 1870, orang Perancis membawa bibit tanaman buah naga dari Guyana ke negara Vietnam yang kemudian menyebar ke beberapa negara lain termasuk Cina. Setelah berbuah, buahnya dianggap membawa berkah bagi warga Vietnam dan Cina. Buah ini pun dijadikan sebagai persembahan yang diletakkan di dekat patung naga di meja altar. Dari peristiwa inilah kemudian buah dengan warna merah mencolok ini dinamakan buah naga.

Kandungan Gizi dalam Buah Naga

Kandungan Gizi dalam buah naga sangatlah banyak, diantaranya protein, serat, berbagai vitamin dan mineral. Untuk lebih jelasnya, simak tabel berikut ini.

GiziJumlah per 100 gramKeterangan
Protein1,1 gram
Vitamin B1 (Thiamine)0,04 miligram
Vitamin B12 (Ribolavin)0,05 miligram
Vitamin B3 (Niasin)0,16 miligram
Vitamin C (Asam askorbat)9,4 miligramKandungan vitamin C tinggi
Karbohidrat11,5 gram
Lemak0,4 gramSangat sedikit
Air87 gramKandungan air sangat tinggi
Serat0,71 gramKandungan serat tinggi
Kalsium134,5 miligramKandungan kalsium tinggi
Fosfor87 miligram
Zat besi0,65 miligram

Melihat semua kandungan gizi buah naga tersebut, tentu buah yang satu ini patut dimasukkan dalam daftar makanan yang wajib dikonsumsi bukan?

Baca Juga  11 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Jenis Buah Naga berdasar Ciri Fisik

Buah naga termasuk dalam klasifikasi tanaman kaktus (marga Selenicereus dan Hylocereus). Berdasarkan ciri fisiknya, buah naga dapat dibedakan ke dalam empat jenis, yakni :

  • Memiliki kulit dengan warna merah muda dan daging buah berwarna merah terang (nama latin : Hylocereus costaricensis).
  • Memiliki kulit dengan warna merah muda dan daging buah berwarna merah namun tidak terlalu terang (nama latin : Hylocereus polyrhizus).
  • Memiliki kulit dengan warna merah dan daging buah berwarna putih (nama latin : Hylocereus undatus).
  • Terakhir, memiliki kulit dengan warna kuning dan daging buah berwarna putih (nama latin : Selenicereus megalanthus). Jenis yang terakhir ini masih jarang ditemui di Indonesia.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Karena mengandung banyak sekali gizi di dalamnya, buah naga populer digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, buah naga juga banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. ingin tahu lebih banyak khasiat buah naga bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah naga.

1. Mampu Menangkal Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker di antaranya adalah dengan banyak mengonsumsi buah naga.

Kandungan antioksidan phytoalbumin dalam buah naga bisa meningkatkan kerja senyawa pencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh. Selain itu mengonsumsi buah naga membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh termasuk racun-racun pemicu sel kanker.

Artikel terkait kanker :

2. Membantu Diet Rendah Lemak

Buah naga adalah buah dengan kandungan protein yang tinggi tetapi rendah karbohidrat dan lemak, sehingga menjadikan buah ini sangat sesuai dikonsumsi oleh mereka yang menjalankan diet rendah lemak. Kandungan protein yang tinggi membuat buah naga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sedangkan kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah tentu saja tidak akan mengganggu program penurunan berat badan Anda. Ditambah pula, buah naga memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Baca Juga  Ini Lho Segudang Manfaat Madu untuk Kesehatan!

3. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Buah naga juga merupakan sumber mineral yang baik bagi kesehatan gigi dan tulang. Hal tersebut karena buah ini memiiki kandungan kalsium, zat besi, serta fosfor dalam jumlah tinggi. Buah ini sangat disarankan bagi anak-anak serta remaja yang masih dalam pertumbuhan.

Artikel terkait kesehatan gigi :

4. Menekan Jumlah Kolestrol di dalam Tubuh

Selain mengandung mineral yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja, buah naga juga patut dikonsumsi oleh orang dengan jumlah kolesterol tinggi. Hal ini karena buah naga mengandung vitamin B3 (Niasin) yang dapat menekan jumlah kolesterol jahat dalam organ tubuh.

Artikel terkait kolesterol tinggi :

5. Berguna dalam proses Pembentukan Hemoglobin (Sel Darah Merah)

Keberadaan hemoglobin dalam tubuh sangat penting karena berfungsi untuk mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke semua organ dalam tubuh. Dalam pembentukan hemoglobin, tubuh membutuhkan vitamin B12 (riboflavin). Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang cukup tinggi sehingga dengan mengonsumsi buah ini dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam darah. Buah ini juga sangat baik diberikan pada penderita demam berdarah yang membutuhkan hemoglobin dalam jumlah banyak.

6. Menjaga Kesehatan Usus

Setiap harinya kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, semakin banyak yang dikonsumsi maka semakin berat pula kerja usus untuk mencernanya. Guna membantu kerja usus, diperlukan bantuan dari serat (fiber). Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yakni 0,71 gram per 100 gram. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus.

7. Menurunkan Potensi Serangan Jantung

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan tekanan darah serta mencegah peradangan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan serat pada buah naga yang tinggi. Risiko serangan jantung pada manusia yang sering mengkonsumsi buah naga akan lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga  Nephrolit kapsul

8. Pembentukan Massa Otot

Protein yang terkandung dalam buah naga cukup tinggi dan sangat membantu dalam pembentukan massa otot. Terlebih bagi laki-laki yang gemar berolahraga dan mendambakan tubuh atletis berotot. Daripada meminum obat-obatan pembentuk otot yang mungkin saja berbahaya bagi tubuh, lebih baik Anda memakan buah naga untuk meningkatkan massa otot.

 

Jika merasa bosan memakan buah naga dalam kondisi utuh, Anda bisa mengolahnya menjadi jus maupun smoothies yang nikmat dan sehat. Hindari penggunaan gula pasir dalam pembuatan jus atau smoothies buah naga agar khasiatnya tidak berkurang. Jika menginginkan rasa yang lebih manis, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis alami. Demikianlah manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita. Semoga dapat menambah wawasan Anda.