Ini Lho Segudang Manfaat Madu untuk Kesehatan!

Tentu Anda sudah mengenal madu, bahan alami yang umumnya dihasilkan oleh lebah serta secara turun temurun telah dimanfaatkan dalam bidang pengobatan. Madu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat madu untuk kesehatan yang paling populer adalah mampu menambah tenaga sehingga tidak heran jika banyak makanan, minuman, atau bahkan obat-obatan yang mengklaim keberadaan madu dalam produknya—walau jumlahnya kecil.

Madu berwarna cokelat keemasan yang berasal dari nektar-nektar bunga atau tanaman yang sudah bercampur dengan air liur lebah (saliva). Para lebah akan menyimpan madu-madu tersebut ke dalam sarang mereka. Selain dapat digunakan sebagai pemanis alami dalam berbagai hidangan, madu juga bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan kulit.

Kandungan Nutrisi dalam Madu

Sebelum mengetahui manfaat madu untuk kesehatan, terlebih dahulu Anda dapat mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.  Madu terdiri atas air, glukosa dan fruktosa, serta banyak nutrisi lain. Untuk lebih jelasnya, simaklah tabel di bawah ini.

Kandungan NutrisiJumlah per 100 gram
Kalori304 kkal
Protein0,3 gram
Karbohidrat82,4 gram
Serat0,2 gram
Gula82,12 gram
Sodium4 miligram
Kalium52 miligram

Selain kandungan-kandungan nutrisi tersebut, madu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral (kalsium, niasin, riboflavin, tembaga, zat besi, potassium, magnesium dan zinc). Madu juga kaya akan antioksidan yang berasal dari senyawa asam fenolat dan  flavonoid.

Cara Membedakan Madu Murni dan Campuran

Populernya manfaat madu untuk kesehatan di kalangan masyarakat membuat banyak oknum pedagang yang mencampur madu murni dengan bahan-bahan lain demi mendapatkan keuntungan lebih. Nah, agar tidak keliru dalam memilih madu di pasaran, perhatikan hal-hal berikut :

  • Pastikan memilih madu yang diproduksi oleh produsen terpercaya. Periksa komposisi madu dalam produk. Madu murni memiliki komposisi 100% madu tanpa tambahan bahan apapun.
  • Cara selanjutnya untuk mengetes apakah madu yang Anda beli murni atau tidak adalah dengan menuangkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air. Madu murni akan mengendap di bagian bawah gelas/tidak mengapung. Hal ini terjadi karena madu murni memiliki tekstur yang kental sehingga tidak mudah bercampur dengan air.
  • Jika Anda meneteskan madu ke atas sebuah kertas, kemudian kertas tersebut berlubang maka madu yang Anda beli kemungkinan telah dicampur bahan-bahan lain. Karena jika dituang di permukaan kertas, madu murni tidak bisa membuat kertas basah apalagi berlubang.
  • Untuk menjaga kualitas madu murni, simpanlah madu pada suhu ruang serta hindari menyimpannya dalam kulkas.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Madu yang kaya akan zat aktif dan nutrisi menjadikannya sebagai bahan alami yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski mengandung banyak gizi, tetapi madu pun memiliki bakteri dan spora yang dapat menimbulkan efek samping seperti alergi. Oleh karena itu, jangan memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena daya tahan tubuhnya belum bekerja dengan baik. Berikut ini adalah beberapa khasiat madu yang harus Anda ketahui.

1. Mengurangi Batuk

Batuk merupakan gangguan pada sistem pernapasan yang bisa menyerang siapa pun, baik orang dewasa maupun anak kecil. Madu yang memiliki kandungan antibakteri dan antivirus mampu membantu meredakan penyakit ini. Hal ini karena efek yang diberikan oleh madu sama dengan efek dextromethorphan dalam obat batuk. Saat buah hati Anda mengalami batuk, berikan satu hingga dua sendok makan madu saat bangun tidur dan menjelang tidur malam.

2. Sebagai Pemanis Alami bagi penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat dunia. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan pencetus penyakit ini berkembang pesat di Indonesia, terutama penyakit diabetes tipe dua. Orang yang menderita diabetes tidak memiliki kemampuan untuk mengatur gula dalam darah dikarenakan hormon insulin yang tidak bekerja secara normal.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula bisa mengakibatkan diabetes. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami dalam makanan dan minuman. Kandungan gula alami dalam madu terbukti memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan jenis-jenis gula lain. Oleh karena itu, mengonsumsi madu sebagai ganti gula dapat menurukan risiko diabetes tipe dua serta mengendalikan jumlah gula darah dalam tubuh.

Artikel terkait penyakit diabetes :

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Dalam saluran cerna manusia terdapat flora normal (bakteri baik) yang membantu kerja sistem pencernaan dalam mengolah makanan. Selain kandungan nutrisi yang tentunya baik untuk dikonsumsi tubuh, madu juga diperkaya flora normal seperti lactobacillus dan bifidobakteria yang bisa mendukung kerja sistem pencernaan. Flora normal ini juga dapat melindungi saluran pencernaan dari bakteri helycobarter pylori.

4. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Mengkonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta membantu tubuh lebih cepat pulih saat sakit. Hal tersebut karena madu bisa merangsang tumbuhnya sel-sel imun, misalnya sel limsofit B dan T serta sel natural killer yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit. Selain itu, madu juga bisa merangsang pertumbuhan antibodi yang sangat diperlukan pada proses pemulihan.

Madu juga dipercaya sejak zaman dahulu untuk meningkatkan energi dan stamina. Rutin mengkonsumsi madu di pagi hari mampu membuat Anda memiliki energi serta stamina yang optimal untuk menjalani aktivitas.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat madu untuk kesehatan yang lain adalah membantu mengobati luka. Kandungan antiseptik berupa enzim glukosa oksidase pada madu dapat menangkal infeksi bakteri pada luka. Oleskan madu pada kulit yang terluka agar mempercepat proses pemulihan. Mengoleskan madu pada luka dapat mengobatinya lebih cepat dibandingkan menggunakan obat yang mengandung silver sulfadiazine. Senyawa antioksidan pinocembrin yang terdapat pada madu juga ampuh mencegah infeksi bakteri staphylococcus aureus yang bisa membuat luka menjadi lebih parah.

6. Menurunkan Jumlah Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kolesterol jahat atau dikenal dengan nama Low Density Lipoprotein (LDL) merupakan musuh utama bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Keberadaan kolesterol jahat dalam darah mampu menyumbat pembuluh vena dan arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa mengkonsumsi madu selama dua minggu berturut-turut mampu mengurangi jumlah kolesterol hingga 8% dalam darah. Hal ini karena madu mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi menurunkan jumlah kolesterol dari dalam tubuh. Madu juga memiliki kandungan zinc dan potassium yang berperan aktif dalam mengatur tekanan darah serta detak jantung manusia.

Artikel Terkait Penyakit Kolesterol :

Dengan semua kandungan gizi dan segudang manfaat madu untuk kesehatan tersebut, maka ada baiknya kita selalu menyediakan madu di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat serta mampu membuat kesehatan Anda sekeluarga menjadi lebih baik.