Bionect cream 0.2%/Bionect Gauze pads

Bionect cream adalah obat yang digunakan untuk membantu meredakan radang, menstimulasi pembentukan jaringan granulasi, mempercepat penutupan luka dengan sedikit rasa sakit dan bekas luka. Bionect cream mengandung Hyaluronic acid, yang merupakan senyawa glikosaminoglikan. Bionect Gauze pads memberi pPerlindungan terhadap abrasi dan gesekan pada area luka/ulkus.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Bionect cream/Bionect Gauze pads yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Diproduksi oleh Fidia, distributor Anugerah Pharmindo Lestari, dipasarkan oleh Combiphar

Kemasan

Cream dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Box, tube @ 15 g cream

Gauze pads dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Dus, Bantalan kasa jenuh krim (Gauze pads) 10×10 cm

Kandungan

Tiap kemasan obat Bionect cream mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Hyaluronic acid sodium 0.2%

Tiap Bantalan kasa jenuh krim (Gauze pads) mengandung :

  • Hyaluronic acid sodium 0.05%

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Hyaluronic acid, juga disebut hyaluronan, adalah glycosaminoglycan anionik dan tidak tersubstitusi yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat, epitel, dan saraf manusia. Hyaluronic acid juga merupakan komponen utama kulit, di mana ia terlibat dalam perbaikan jaringan. Hyaluronic acid juga telah digunakan dalam sintesis perancah biologis untuk aplikasi penyembuhan luka. Perancah ini biasanya memiliki protein seperti fibronektin yang menempel pada hyaluronan untuk memfasilitasi migrasi sel ke dalam luka. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes yang menderita luka kronis.

Hyaluronic acid telah digunakan untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis melalui penyuntikan ke dalam sendi. Namun, belum terbukti menghasilkan keuntungan yang signifikan dan berpotensi menimbulkan efek samping yang parah. Selain itu juga digunakan sebagai lotion kulit untuk mengobati kulit kering dan bersisik seperti yang disebabkan oleh dermatitis atopik/ekzema. Hyaluronic acid juga telah digunakan dalam berbagai formulasi untuk membuat air mata buatan untuk mengobati mata kering.

Hyaluronic acid adalah bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit. Hyaluronic acid digunakan sebagai dermal filler dalam bedah kosmetik. Senyawa ini juga dapat mengurangi deposisi kolagen sehingga menyebabkan berkurangnya jaringan parut (scar).

Indikasi

Kegunaan Bionect cream adalah untuk membantu meredakan peradangan, menstimulasi pembentukan jaringan granulasi, mempercepat penutupan luka dengan sedikit rasa sakit dan bekas luka. Cream ini juga digunakan sebagai dressing dan mengatasi iritasi pada luka akut dan kronis (lecet, insisi pasca-operasi, luka bakar tingkat 1 dan 2, ulkus vaskular dan metabolik).

Kegunaan Bionect Gauze pads adalah untuk memberi perlindungan terhadap abrasi dan gesekan pada area luka/ulkus, sekaligus juga membantu mempercepat penyembuhan luka/ulkus.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Hyaluronic acid.

Efek Samping

Sampai saat ini belum ada laporan efek samping Bionect cream/Bionect Gauze pads. Meskipun begitu perlu diwaspadai adanya reaksi hipersensitivitas terutama bagi orang yang alergi protein unggas.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Waspadai reaksi hipersensitivitas terutama bagi orang yang peka.
  • Jangan berbagi obat untuk mengurangi risiko infeksi silang
  • Hindari kontak dengan mata.

Dosis Bionect cream

Bionect cream diberikan dengan dosis berikut :

  • Oleskan cream tipis-tipis pada luka 2 x sehari atau sesuai kebutuhan.

Aturan Pakai Bionect cream

  • Bersihkan area luka dan didesinfeksi sebelum aplikasi. Area yang dirawat harus ditutupi oleh dressing sekunder.

Aturan Pakai Bionect Gauze pads

  • Bersihkan area luka dan didesinfeksi terlebih dahulu. Gunakan satu atau lebih bantalan kasa, disesuaikan dengan ukuran luka. Ganti 2 -3 xsehari dengan menggunakan penjepit atau pinset steril untuk memindahkan bantalan kasanya. Tutup lagi area yang dirawat dengan perban steril.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Bionect cream/Bionect Gauze pads harus sesuai dengan yang dianjurkan.