Sanorine mouthwash

Sanorine mouthwash adalah obat kumur yang digunakan sebagai pencegahan tukak mulut/sariawan, gingivitis dan akumulasi plak. Digunakan juga untuk membantu regenerasi jaringan, dan pengobatan trauma ulcer yang disebabkan oleh kawat gigi. Sanorine mouthwash mengandung Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Sanorine mouthwash yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

PT Sanbe Farma/Caprifarmindo

Golongan

Bisa didapatkan tanpa resep dokter

Kemasan

Sanorine mouthwash dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Sanorine mouthwash 0.025 % : botol 80 mL dan 200 mL
  • Sanorine mouthwash 0.1 % : botol 80 mL dan 200 mL

Kandungan

Tiap kemasan obat mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Hyaluronic acid 0.025 %
  • Hyaluronic acid 0.1 %

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Hyaluronic acid, juga disebut hyaluronan, adalah glycosaminoglycan anionik dan tidak tersubstitusi yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat, epitel, dan saraf manusia. Hyaluronic acid digunakan untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Selain itu juga digunakan sebagai lotion kulit untuk mengobati kulit kering dan bersisik seperti yang disebabkan oleh dermatitis atopik. Hyaluronic acid juga telah digunakan dalam berbagai formulasi untuk membuat air mata buatan untuk mengobati mata kering.

Hyaluronic acid berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Indikasi

Kegunaan Sanorine mouthwash adalah sebagai pencegahan tukak mulut, sariawan, gingivitis dan akumulasi plak. Digunakan juga untuk membantu regenerasi jaringan, pengobatan trauma ulcer dan pereda nyeri yang disebabkan oleh iritasi pada mulut, misalnya stomatitis aftosa, ulkus aftosa, lesi kecil, termasuk lesi traumatik yang disebabkan oleh kawat gigi dan gigi tiruan yang tidak sesuai.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap komponen obat kumur ini.

Efek Samping Sanorine mouthwash

Sampai saat ini belum ada laporan efek samping obat kumur ini. Meskipun begitu perlu diwaspadai adanya reaksi hipersensitivitas terutama bagi orang yang alergi protein unggas.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat kumur ini adalah sebagai berikut :

  • Obat kumur ini terasa lengket di mulut.
  • Waspadai reaksi hipersensitivitas terutama bagi orang yang peka.

Dosis Sanorine mouthwash

Sanorine mouthwash diberikan dengan dosis :

  • Kumur – kumur dengan 10 mL larutan selama 1-2 menit.
  • Gunakan secara teratur 2 x sehari sehabis menggosok gigi.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Sanorine mouthwash harus sesuai dengan yang dianjurkan.