Obat Kolesterol Tinggi : Generik, Paten, dan Obat Kolesterol Alami

Umumnya kebanyakan orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi langsung berfikir untuk mencari obat penurun kolesterol. Padahal upaya yang terbaik adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Jika dalam beberapa bulan kolesterol tidak kunjung turun, meski Anda sudah mempraktikkan gaya hidup sehat, barulah Anda membutuhkan obat penurun kolesterol tinggi. Obat kolesterol tinggi bisa berupa obat generik, obat paten, atau obat kolesterol alami.

Seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi, memerlukan upaya jangka panjang untuk mengembalikannya ke dalam kadar yang normal. Jika Anda menerapkan pola hidup sehat, seperti diet rendah lemak jenuh, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, dan dengan mengganti konsumsi makanan yang mengandung “lemak jahat” dengan makanan-makanan yang mengandung “lemak baik”, akan membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, asalkan dilakukan secara konsisten. Selain itu olahraga sehari-hari juga sangat penting. Olahraga bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol total. Obat kolesterol tinggi baru diperlukan jika upaya-upaya di atas tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Apa itu kolesterol tinggi?

Sebenarnya kolesterol bisa terbentuk secara alami di dalam tubuh. Zat ini adalah zat lemak yang berperan penting dalam metabolisme tubuh, misalnya diperlukan untuk membuat lapisan pelindung di sekeliling sel tubuh dan merupakan bahan dasar pembentukan vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Karena tubuh kita sebenarnya mampu menghasilkan sebagian besar jumlah yang dibutuhkan untuk proses-proses tersebut, kita hanya membutuhkan sedikit saja lemak dari asupan makanan. Jika berlebihan maka kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan risiko-risiko penyakit terutama gangguan kardiovaskular. Situasi dimana kadar kolesterol tinggi dalam darah, dalam dunia medis disebut hiperkolesterolemia. (Baca Kolesterol Tinggi dan Risiko Penyakit yang mengikutinya).

Sebenarnya tidak ada batas mutlak antara tingkat kolesterol normal dan abnormal. Kadar normal yang disarankan bervariasi tergantung pada apakah seseorang sudah memiliki penyakit yang disebabkan oleh aterosklerosis atau diabetes atau faktor risiko lainnya untuk penyakit arteri koroner.

Berikut adalah kisaran kadar kolesterol yang diterapkan di United Kingdom dan Amerika serikat :

Untuk orang dewasa yang sehat, UK National Health Service merekomendasikan :

  • Batas atas kolesterol total : 5 mmol/L
  • Batas atas LDL : 3 mmol/L

Bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, batas yang direkomendasikan adalah :

  • Kolesterol total : 4 mmol/L
  • Batas atas LDL : 2 mmol/L

Di Amerika Serikat, The National Heart, Lung, and Blood Institute dari The National Institutes of Health mengklasifikasikan kolesterol total sebagai berikut :

  • Rekomendasi : kurang dari 200 mg/dL
  • Batas atas : 200 – 239 mg/dL
  • Tinggi :  240 mg/DL atau lebih

Bacaan pendukung :

Daftar Obat Kolesterol Tinggi

Keputusan apakah Anda memerlukan obat sangat tergantung pada respon yang dicapai dari pengaturan pola diet dan berolahraga. Terdapat 5 jenis obat penurun kolesterol, kelimanya bekerja dengan cara berbeda. Obat mana yang dipilih akan tergantung pada kebutuhan yang dinilai dari kondisi pasien yang bersangkutan. Berikut adalah daftar 5 jenis obat kolesterol tinggi yang tersedia :

1. Obat Kolesterol Tinggi Golongan Statin

Di antara 5 jenis obat kolesterol tinggi yang tersedia, obat golongan statin hampir selalu menjadi pilihan pertama untuk menurunkan LDL. Obat golongan statin lebih efektif dibandingkan obat-obat hipolipidemia lain dalam menurunkan kolesterol (LDL) tetapi kurang efektif dibanding golongan fibrat dalam menurunkan trigliserida.

Statin juga disebut HMG-CoA reductase inhibitor. Statin bekerja dengan cara menghambat 3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme A (HMG-CoA) reductase, suatu enzim yang berperan dalam pembentukan kolesterol. Dengan terhambatnya kinerja enzim ini kadar kolesterol dalam darah akan berkurang.

Karena fungsinya menurunkan kadar kolesterol LDL, obat statin juga berguna untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Namun ada sebagian orang yang intoleran terhadap obat kolesterol tinggi golongan statin. Mereka ini rentan mengalami efek samping seperti gangguan pada perut dan nyeri otot.

Beberapa obat golongan statin yang tersedia misalnya Lovastatin (Mevacor), Simvastatin (Merk Cholestat, Lipinorm, Zocorselengkapnya), Pravastatin (Pravachol), Fluvastatin (Lescol), Atorvastatin (Lipitor, Litorcom, Stator), dan Rosuvastatin (Crestor).

2. Golongan Penghambat Absropsi Kolesterol

Bila penggunaan obat golongan statin tidak memberikan hasil yang diinginkan, dokter terkadang menambahkan ezetimibe. Ezetimibe menghambat penyerapan kolesterol dari usus, namun tidak memberikan pengaruh terhadap penyerapan trigliserida, asam lemak, asam empedu, maupun vitamin larut lemak. Ezetimibe umumnya tidak seefektif obat-obat golongan statin, namun efek samping obat ini lebih sedikit.

Ezetimibe juga sering dikombinasikan dengan obat golongan statin jika penggunaan statin tunggal tidak memberikan hasil yang memuaskan. Efek samping yang bisa terjadi dari kombinasi dua obat penurun kolesterol ini umumnya sama saja dengan efek samping statin tunggal.

3. Golongan Fibrat

Obat kolesterol tinggi ini bekerja dengan cara mengaktivasi reseptor yang berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta diferensiasi jaringan adiposa. Hal ini mengaktifkan lipase lipoprotein sehingga mengakibatkan peningkatan katabolisme Very Low Density Lipoprotein (VLDL) sekaligus meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL).

Beberapa obat golongan fibrat yang tersedia misalnya Gemfibrozil (Merk LopidHypofil, Lifibron), Fenofibrate (Evothyl, Fibramed, Yosenob, Zumafib), dan clofibrate (Abitrate). Obat golongan Fibrate sangat berguna untuk pasien dengan kadar trigliserida tinggi.

4. Golongan Asam Nikotinat (Niacin)

Niacin juga sering digunakan sebagai obat kolesterol tinggi. Niacin adalah Vitamin B yang bisa didapatkan pada makanan maupun produk suplemen multivitamin. Niacin menurunkan produksi VLDL di dalam hati sehingga menyebabkan penurunan kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatnya Kolesterol HDL.

Jika diberikan dalam dosis tinggi, niacin bisa menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Namun penggunaan niacin dosis tinggi bisa menimbulkan efek samping kulit menjadi kemerahan.

Pasien yang sedang menderita gangguan pencernaan seperti sakit perut, sakit maag, atau mereka yang berisiko mengalami kondisi-kondisi tersebut biasanya tidak akan disarankan menggunakan niacin. Pasien juga disarankan untuk menjalani tes darah secara berkala untuk memastikan organ hati mereka berfungsi dengan baik.

5. Golongan Resin Pengikat Asam Empedu

Obat golongan Resin pengikat asam empedu sudah jarang digunakan karena selain menurunkan kolesterol LDL (jahat), obat ini juga menurunkan kolesterol HDL (baik). Obat yang termasuk golongan ini misalnya cholestyramine, colestipol, dan colesevelam.

Beberapa Obat Alami Penurun Kolesterol Tinggi

Ada juga beberapa obat-obatan alami yang terbukti membantu menurunkan kolesterol. Beberapa di antaranya termasuk :

Bawang putih

Selain mengobati pilek, bawang putih ternyata juga ampuh menurunkan kadar kolesterol. Caranya : makan tiga hingga empat siung setiap hari. Bila tidak tahan dengan rasa tidak enak di lidah, minumlah air dua gelas. Cara ini juga dapat mencegah dehidrasi akibat zat diuretik pada bawang putih.

Bawang merah

Memakan bawang merah mentah (dan kadang dicampur dengan bumbu sebelum direbus dan ditumis) juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Sama seperti memakan bawang putih, bila tidak tahan dengan rasanya di lidah, minumlah air putih cukup banyak.

Jus jeruk

Anda cukup memeras jeruk hingga menjadi jus. Campurlah dengan air hangat agar lebih larut, lalu aduk. Minumlah sebanyak tiga cangkir sehari. Sebaiknya minum jus jeruk sebelum makan, bukan sesudahnya. Selain untuk mencegah kenaikan kolesterol, Anda cenderung lebih cepat kenyang dan tidak tergoda untuk makan terlalu banyak.

Rebusan air ketumbar

Selain sebagai bumbu yang dapat membuat aroma masakan lebih menggoda dan rasanya lebih enak, ketumbar ternyata berperan besar dalam penurunan kolesterol jahat. Caranya : masak dua sendok ketumbar dengan air mendidih. Saring, lalu dinginkan sebelum meminumnya dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Bila rasanya kurang enak di lidah, Anda bisa menambahkan madu sebagai perasa manis.

Minyak ikan salmon

Kandungan omega-3 pada ikan salmon sudah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Bahkan, bila Anda terkena migren akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya segera mengonsumsi menu ikan, terutama salmon.

Meskipun rasanya aneh bagi beberapa orang, minum suplemen dari minyak salmon setiap hari termasuk ampuh menurunkan kolesterol. Sebelum membeli dan meminumnya, pastikan ikan salmon-nya masih segar dan alami. Jangan lupa cek kandungan yang tertera pada suplemen minyak salmon. Semoga tidak ditambahkan zat-zat kimia asing lain yang justru malah merugikan kesehatan.

Minum cuka sari apel

Hati-hati dengan kandungan asam yang cukup tajam pada cuka bila Anda penderita maag. Untuk membuat ramuan ini, cukup minum sesendok teh cuka sari apel yang dicampur dengan air hangat. Lakukan hingga 40 hari untuk mendapatkan kesembuhan maksimal. Namun, jangan lupa juga kombinasikan dengan pola makan yang lebih sehat dan rajin berolahraga.

Teh hitam

Tidak hanya kopi, teh juga ada yang hitam. Bahkan, teh ini juga mempunyai kandungan kafein yang sama kuatnya, namun lebih sehat. Tidak akan ada gangguan serius pada lambung.

Tanpa gula, cukup minum teh hitam secangkir setiap hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, cara ini dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10% hanya dalam waktu seminggu. Namun, lagi-lagi jangan hanya mengandalkan satu obat ini. Percuma bila Anda tidak menjaga berat badan dengan pola makan yang benar.

Cokelat bubuk hitam

Satu lagi minuman yang cukup enak namun ampuh untuk menurunkan kolesterol. Cokelat bubuk hitam atau yang dikenal dengan dark chocolate termasuk varian cokelat yang dianggap paling sehat. Kandungan antioksidannya juga paling tinggi.

Agar khasiatnya benar-benar efektif, minumlah setelah mencampurnya dengan air hangat saja. Jangan menjadikannya susu cokelat biasa, apalagi sampai ditambah dengan gula. Yang ada, kandungan lemak pada susu malah menaikkan kadar kolesterol dan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes.

Mengurangi Faktor Risiko

obat kolesterolSelain mengubah pola makan, berolahraga rutin atau menggunakan obat kolesterol tinggi, Anda juga harus mencoba mengendalikan faktor risiko penyakit arteri koroner lainnya. Sebaiknya Anda menjaga tekanan darah selalu pada tingkat normal, tidak merokok, mengendalikan gula darah, mempertahankan atau menurunkan berat badan.