Atopiclair cream 10 mL

Atopiclair cream adalah cream yang digunakan untuk melembabkan dan mengurangi sensitivitas jaringan yang mengalami radang, membantu menghilangkan rasa terbakar, gatal dan nyeri dengan melindungi dari iritasi lebih lanjut. Cream ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit. Atopiclair cream mengandung Vitis vinifera, Butyrospermum parkii butter, telmesteine, glycyrrhetinic acid, dan Na hyaluronate, yang merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Atopiclair cream yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Diproduksi oleh Transfarma Medica Indah, dipasarkan oleh A Menarini

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Atopiclair cream dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 10 mL cream

Kandungan

Tiap kemasan obat Atopiclair cream mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Na hyaluronate
  • Vitis vinifera
  • Butyrospermum parkii butter
  • Telmesteine
  • Glycyrrhetinic acid

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium hyaluronate adalah obat untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Obat Sodium hyaluronate adalah garam natrium dari Hyaluronic acid, senyawa glikosaminoglikan yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia.

Sodium hyaluronate berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Vitis vinifera adalah nama latin untuk anggur. Anggur diketahui memiliki banyak kegunaan selain sebagai makanan. Dalam bidang kesehatan anggur digunakan sejak dahulu kala sebagai obat batuk, penyakit saluran pernapasan, kasus subacute pembesaran hati dan limpa, serta sebagai tonik berbasis alkohol. Getah anggur juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit dan mata. Bagian daun digunakan untuk menghentikan pendarahan, nyeri dan pembengkakan pada wasir. Anggur mentah digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, dan kismis digunakan sebagai perawatan untuk konsumsi (tuberkulosis), konstipasi dan haus. Anggur matang digunakan untuk pengobatan kanker, kolera, cacar, mual, infeksi kulit dan mata serta penyakit ginjal dan hati.

Vitellaria paradoxa (Butyrospermum parkii), adalah nama latin untuk pohon shea. Pohon shea adalah tanaman dari Afrika. Biji dari buah shea relatif besar dan kaya minyak. Biji inilah yang diekstrak menjadi shea butter. Shea butter mengandung lima asam lemak utama : palmitat, stearat, oleat, linoleat, dan arakid. Sekitar 85 – 90% komposisi asam lemaknya adalah asam stearat dan asam oleat. Shea butter terutama digunakan dalam industri kosmetik untuk produk kulit dan rambut (lip gloss, krim pelembab kulit dan emulsi, dan kondisioner rambut untuk rambut kering dan rapuh. Shea butter adalah emolien yang sangat baik untuk orang-orang yang menderita kondisi kulit kering.

Telmesteine adalah obat yang digunakan untuk pengobatan dermatitis atopik/ekzem dan kondisi kulit lainnya. Telmesteine juga bertindak sebagai agen anti aging dan antiinflamasi. Senyawa ini digunakan dalam perawatan kulit.

Enoxolone juga dikenal sebagai glycyrrhetinic acid atau asam glikolat adalah turunan triterpenoid pentasiklik dari jenis beta-amyrin yang diperoleh dari hidrolisis asam glikolramatat, yang diperoleh dari akar tanaman obat. Senyawa ini digunakan sebagai penyedap dan penyamar rasa pahit obat-obatan seperti ekstrak lidah buaya dan kina. Diketahui efektif digunakan dalam pengobatan tukak lambung dan juga memiliki sifat ekspektoran (antitusif). Senyawa ini juga memiliki beberapa sifat farmakologis tambahan termasuk aktivitas antiviral, antijamur, antiprotozoa, dan antibakteri.

Indikasi

Kegunaan Atopiclair cream adalah untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri, serta menjaga kesehatan kulit. Atopiclair cream melembabkan dan mengurangi sensitivitas jaringan yang mengalami radang, membantu menghilangkan rasa terbakar, gatal dan nyeri dengan melindungi dari iritasi lebih lanjut. Cream ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap salah satu komponen Atopiclair cream.

Efek Samping Atopiclair cream

Sampai saat ini belum ada laporan efek samping Atopiclair cream. Meskipun begitu perlu diwaspadai adanya reaksi hipersensitivitas terutama bagi orang yang alergi protein unggas, atau alergi kacang dan minyak kacang.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Waspadai reaksi hipersensitivitas terhadap shea butter terutama bagi orang yang peka.
  • Hindari kontak dengan mata.

Dosis Atopiclair cream

Atopiclair cream diberikan dengan dosis berikut :

  • Oleskan tipis ke area kulit yang terkena 3 x sehari dan pijat secara perlahan.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Atopiclair cream harus sesuai dengan yang dianjurkan.