Navitae eye drops

Navitae eye drops adalah lubricating ophthalmic dengan khasiat antioksidan dan hidrasi yang digunakan untuk mengobati mata kering dan gangguan okular. Obat tetes mata ini juga digunakan untuk melindungi, menyamankan dan mengembalikan kesehatan mata. Navitae eye drops mengandung Sodium Hyaluronate yang merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan, serta vitamin A dan vitamin E.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Navitae eye drops yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

PT Kalbe Farma

Golongan

Bisa didapatkan tanpa resep dokter

Kemasan

Navitae eye drops dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Botol 15 mL tetes mata

Kandungan

Tiap kemasan obat Navitae eye drops mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Sodium hyaluronate 0.15%
  • Carboxymethyl β-glucan
  • Vitamin A palmitate
  • Vitamin E, D-α tocopheryl polyethylene glycol 1000 succinate (TPGS)
  • Sodium edetate
  • Sodium N-hydroxymethylglycinate
  • Buffered isotonic solution pH 7

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium hyaluronate adalah obat untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Obat Sodium hyaluronate adalah garam natrium dari Hyaluronic acid, senyawa glikosaminoglikan yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia.

Sodium hyaluronate berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Vitamin A adalah kelompok senyawa organik tak jenuh yang meliputi retinol, retinal, asam retinoat, dan beberapa karotenoid provitamin A (terutama beta-karoten). Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak. Kegunaan Vitamin A adalah : Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, untuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh dan pembentukan sistem penglihatan yang baik. Vitamin A (dalam bentuk retinal) sangat dibutuhkan oleh retina mata. Retinal bergabung dengan protein opsin untuk membentuk rhodopsin, yang menyerap molekul cahaya. Vitamin A (dalam bentuk retinal) sangat penting untuk membantu pertumbuhan sel epitel dan sel-sel lainnya.

Vitamin E mengacu pada sekelompok senyawa yang mencakup tocopherols dan tocotrienols. Bentuk alami vitamin E larut dalam lemak, namun tidak larut dalam air. Tocopherols (TCP) terdiri dari serangkaian (α, β, γ dan δ) dari molekul organik kiral yang bervariasi dalam derajat metilasi bagian fenol dari cincin kromanol. Tocopherols adalah antioksidan oksidan lipid yang melindungi selaput sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin E TPGS adalah turunan vitamin E yang larut dalam air. Vitamin E TPGS adalah surfaktan non-ionik yang digunakan sebagai pelarut obat yang kelarutannya buruk, membantu penyerapan obat, pengemulsi, carrier untuk formulasi obat berbasis lipid, dan antioksidan. Vitamin E TPGS juga digunakan sebagai sumber vitamin E alami yang efisien baik untuk keperluan terapeutik maupun nutrisi.

Mekanisme Aksi

Obat tetes mata Navitae mengandung lubrikan yang termasuk senyawa polisakarida yaitu, hyaluronic acid dan carboxymethyl β-glucan serta membuat sistem perlindungan lubrikan lipofilik yang tersusun dari vitamin A dan vitamin E.

Penggunaan vitamin A topikal membuat lebih nyaman penggunaan lensa kontak karena bisa mengurangi kerusakan mekanis yang dapat terjadi pada sel epitel kornea dan konjungtiva. Vitamin A menstabilkan fase lemak lachrymal film dengan cara meningkatkan kapasitasnya untuk mempertahankan hidrasi alami, oleh karena itu bisa mengurangi gejala kekeringan okular.

Vitamin E adalah antioksidan yang membantu mengurangi konsentrasi radikal bebas dalam cairan lachrymal dan oleh karena itu bisa meningkatkan perlindungan sel endotel kornea dan konjungtiva, serta mengurangi risiko peradangan dan meningkatkan proses penyembuhan.

Indikasi

Berikut adalah kegunaan Navitae eye drops :

  • Navitae eye drops adalah lubrikan mata dengan khasiat antioksidan dan pelembab yang digunakan untuk mengobati mata kering dan ketidaknyamanan mata yang disebabkan oleh iritasi yang terkait penyakit misalnya keratitis, efek samping setelah operasi kornea, ulkus traumatis, atau peradangan kornea
  • Untuk mengurangi stres oksidatif akibat paparan cahaya dan atau peningkatan radikal bebas pada permukaan mata.
  • Memberi kenyamanan mata pada penggunaan lensa kontak/soft lenses
  • Obat tetes mata ini juga digunakan untuk melindungi, menyamankan dan mengembalikan kesehatan mata.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi obat Sodium hyaluronate, atau komponen Navitae eye drops lainnya.

Efek Samping Navitae eye drops

Berikut adalah beberapa efek samping Navitae eye drops yang diketahui :

  • Efek samping obat tetes mata yang mengandung Sodium hyaluronate diantaranya adalah gatal, iritasi dan hiperemia pada mata. Hentikan penggunaan bila efek samping tersebut terjadi.
  • Efek samping lainnya misalnya reaksi hipersensitivitas seperti blepharitis, dermatitis kelopak mata, konjungtivitis, infeksi konjungtiva, lesi kornea (misalnya keratitis superfisial difus), dan mata berarir.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Waspadai terjadinya reaksi hipersensitivitas.
  • Jangan ampai tertelan.
  • Simpan obat tetes mata ini pada suhu kamar dan di bawah 35 ° C.
  • Lindungi dari paparan cahaya langsung.

Penggunaan obat Navitae eye drops untuk wanita hamil

Dalam percobaan hewan (kelinci), teratogenisitas tidak terjadi. Namun karena keamanan Sodium hyaluronate untuk ibu hamil belum ditetapkan, penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati.

Dosis Navitae eye drops

Navitae eye drops diberikan dengan dosis berikut :

  • 1-2 tetes di masing-masing mata, 3-6 x sehari atau sesuai resep dokter.

Aturan Pakai

  • Obat ini hanya digunakan sebagai tetes mata saja.
  • Jangan menyentuh mata dengan ujung botol secara langsung agar terhindar dari kontaminasi.
  • Produk ini adalah sediaan steril sampai botolnya terbuka. Tutup kembali wadah dengan baik setelah digunakan.
  • Jangan gunakan Navitae eye drops 30 hari setelah dibuka.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Navitae eye drops harus sesuai dengan yang dianjurkan.