Advantan cream 0.1%

Advantan cream adalah obat yang digunakan untuk mengobati dermatitis atopik, eksim kontak, dyshidrotik degeneratif, eksema vulva, dan eksim pada anak-anak. Obat Advantan cream mengandung Methylprednisolone aceponate, yang termasuk jenis obat steroid jenis glukokortikoid sintetis.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Advantan cream yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Bayer Indonesia

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Advantan cream dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 10 gram cream 0.1%

Kandungan

Tiap kemasan obat Advantan cream mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Methylprednisolone aceponate 0.1%

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Methylprednisolone adalah obat yang digunakan sebagai obat alergi, imunosupresan, dan anti inflamasi. Obat Methylprednisolone juga digunakan dalam bentuk cream/sediaan topikal lainnya untuk mengobati dermatitis atopik (eksim endogen, neurodermatitis), eksim kontak, dyshidrotik degeneratif, eksema vulva, dan eksim pada anak-anak. Obat ini adalah derivat prednisolone yang termasuk obat steroid jenis glukokortikoid sintetis.

Methylprednisolone bekerja dengan cara menembus membran sel sehingga akan terbentuk suatu kompleks steroid-protein reseptor. Di dalam inti sel, kompleks steroid-protein reseptor ini akan berikatan dengan kromatin DNA dan menstimulasi transkripsi mRNA yang merupakan bagian dari proses sintesa protein. Sebagai anti inflamasi, obat ini menekan migrasi neutrofil, mengurangi produksi prostaglandin (senyawa yang berfungsi sebagai mediator inflamasi), dan menyebabkan dilatasi kapiler. Hal ini akan mengurangi repon tubuh terhadap kondisi peradangan (inflamasi).

Pada sediaan topikal (cream/salep), obat ini biasanya berupa garamnya yaitu, methylprednisolone aceponate. Mekanisme aksi obat ini dalam sediaan topikal adalah dengan cara menekan reaksi inflamasi dan alergi kulit serta reaksi yang terkait dengan hiperproliferasi, yang menyebabkan regresi gejala obyektif (eritema, edema, infiltrasi, lichenifikasi) dan keluhan subjektif (gatal, terbakar, nyeri).

Indikasi

Kegunaan Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) adalah untuk mengobati penyakit-penyakit kulit seperti eksim endogen (dermatitis atopik dan neurodermatitis), eksim kontak, eksim degeneratif, eksim dishidrotik, eksim vulgar, dan eksim pada anak-anak.

Kontra indikasi

  • Jangan menggunakan Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) jika anda memiliki riwayat hipersentif terhadap obat ini atau obat-obat glukokortikoid lainnya.
  • Obat ini juga dikontraindikasikan untuk penderita tuberculosis (TB), diabetes mellitus, infeksi jamur sistemik, penyakit herpes simpleks, varisela, dan penderita osteoporosis berat.
  • Selain itu, pemberian vaksin hidup ataupun vaksin yang dilemahkan juga dikontraindikasikan untuk seseorang yang sedang menggunakan obat imunosupresif seperti Advantan cream (Methylprednisolone aceponate). Pengecualian untuk aturan ini adalah pasien yang menjalani terapi pengganti kortikosteroid lengkap, misalnya, untuk penyakit addison, yang mungkin mengikuti protokol imunisasi standar.
  • Umumnya, sediaan topikal yang mengandung kortikoid sebaiknya tidak digunakan selama trimester pertama kehamilan. Secara khusus, penggunaan pada area kulit yang luas atau secara jangka panjang harus dihindari.
  • Ibu menyusui sebaiknya tidak diobati pada bagian payudara.

Efek Samping Advantan cream

Efek samping Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) adalah sebagai berikut :

  • Efek samping sediaan topikal yang mengandung Methylprednisolone aceponate adalah gejala-gejala lokal seperti gatal, terbakar, eritema atau vesikulasi.
  • Efek samping tambahan bisa terjadi bila digunakan pada area tubuh yang luas (sekitar 10% atau lebih) atau dalam jangka waktu lama (lebih dari 4 minggu), misalnya : gejala lokal seperti atrofi pada kulit, telangiektasia, striae, perubahan bentuk jerawat pada kulit dan bahkan bisa berefek sistemik akibat penyerapan obat ke dalam darah.
  • Seperti jenis kortikoid lain untuk sediaan topikal, efek samping berikut mungkin terjadi meskipun kejadiannya jarang : Folikulitis, hipertrikosis, dermatitis perioral, perubahan warna kulit, dan reaksi alergi.

Perhatian

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan pasien jika menggunakan obat Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) :

  • Ibu menyusui sebaiknya tidak diobati dengan Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) aceponate cream pada bagian payudara.
  • Jika penyakit kulit disertai infeksi bakteri atau jamur, diperlukan tambahan terapi spesifik untuk keperluan itu.
  • Jangan sampai mengenai mata.
  • Meskipun penyerapan obat ini secara sistemik sangat kecil, durasi penggunaan diusahakan sesingkat mungkin terutama jika area penggunaan pada area kulit yang luas untuk meminimalkan efek samping.
  • Seperti steroid topikal lainnya, penggunaan Methylprednisolone aceponate dapat memicu terjadinya glaukoma (misalnya setelah pemberian dosis besar atau ekstensif dalam jangka waktu lama, teknik berpakaian oklusif, atau aplikasi ke kulit di sekitar mata).

Penggunaan Advantan cream untuk ibu hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Methylprednisolone dalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Kategori di atas untuk penggunaan Methylprednisolone secara oral. Sedangkan data tentang penggunaan glukokortikosteroid topikal selama kehamilan tidak mencukupi, namun diperkirakan risikonya lebih rendah karena ketersediaan sistemik obat yang digunakan secara topikal sangat rendah.

Umumnya, sediaan topikal yang mengandung kortikoid sebaiknya tidak digunakan selama trimester pertama kehamilan. Secara khusus, penggunaan Advantan cream pada area kulit yang luas atau secara jangka panjang harus dihindari agar kadar sistemiknya tetap rendah sehingga dapat meminimalkan efek sampingnya.

Dosis Advantan cream

Dosis obat ini ditentukan secara individual untuk setiap pasien berdasarkan manfaat dan tolerabilitas masing-masing pasien. Obat Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) umumnya diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • Dioleskan tipis 1 x per hari ke daerah berpenyakit kulit.
  • Secara umum, durasi pemakaian tidak boleh melebihi 12 minggu pada orang dewasa dan 4 minggu pada anak-anak.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Advantan cream (Methylprednisolone aceponate) harus sesuai dengan yang dianjurkan.