Microlax Enema

Microlax Enema adalah obat yang digunakan sebagai obat pencahar untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Obat pencahar ini adalah fast acting micro-enema yang bekerja dengan melunakkan gerakan usus dan dengan lembut membantu pengosongan usus tanpa mengganggu lapisan usus sehingga tidak menyebabkan perut melilit.

Microlax Enema mengandung kombinasi beberapa zat aktif yaitu, Na lauryl sulfoacetate, Na citrate, sorbic acid, sorbitol, dan PEG-400. Berikut ini adalah informasi lengkap obat Microlax Enema yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Pharos

Golongan

Obat ini digolongan ke dalam kategori obat bebas.

Kandungan

Tiap kemasan tube (5 mL) Microlax Enema mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Na lauryl sulfoacetate 45 mg
  • Na citrate 450 mg
  • Sorbic acid 5 mg
  • Sorbitol 4,465 mg
  • PEG-400 625 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium lauryl sulfoacetate meningkatkan kemampuan pembasahan dan penetrasi larutan. Sodium lauryl sulfoacetate bekerja dengan cara menurunkan tegangan permukaan feses sehingga feses mudah terbasahi.

Sodium citrate saline adalah salah satu obat pencahar osmotik yang paling efektif. Sodium citrate bekerja dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Kadar air yang meningkat melembutkan kotoran dan merangsang usus berkontraksi (memindahkan isinya ke rektum).

Sorbitol meningkatkan efek pemberian air dari Na citrate.

PEG 400 (polyethylene glycol 400) adalah cairan kental dan tidak berwarna. Karena toksisitasnya yang rendah, PEG 400 banyak digunakan dalam berbagai formulasi farmasi. PEG 400 melumasi rektum sehingga feses mudah dikeluarkan

Tindakan gabungan dari zat-zat aktif itu membantu melunakkan kotoran dan menghilangkan sembelit tanpa menyebabkan usus tegang dalam waktu yang sangat singkat.

Indikasi

Kegunaan Microlax Enema adalah untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, dan untuk mengosongkan perut sebelum prosedur operasi, colonoscopy, endoscopy, x-ray, atau prosedur pada usus lainnya. Obat pencahar ini aman digunakan untuk anak kecil, dewasa, ibu hamil, dan untuk orang lanjut usia.

Kontraindikasi

  • Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas/alergi terhadap  salah satu komponen Microlax Enema.
  • Seperti pencahar garam lainnya, obat pencahar ini tidak boleh digunakan pada kasus peradangan usus dan penderita wasir yang akut.

Efek Samping Microlax Enema

Obat ini bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang, mulai anak-anak sampai lanjut usia. Meskipun demikian jangan menggunakan obat pencahar ini secara berlebihan karena bisa menyebabkan diare dan kekurangan cairan.

Penggunaan untuk ibu hamil

Obat pencahar saline seperti Microlax Enema relatif aman digunakan selama masa hamil tanpa adanya bukti terjadinya relaksasi uterus. Obat ini bekerja langsung pada feses, tidak masuk secara sistemik oleh karena itu resiko terhadap janin sangat rendah.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat Microlax Enema, adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya hanya menggunakan obat pencahar bila benar-benar diperlukan.
  • Obat ini hanya untuk penggunaan jangka pendek.
  • Microlax Enema tidak boleh digunakan pada kasus peradangan usus dan penderita wasir yang akut.

Interaksi obat

Obat ini bekerja langsung pada feses tidak masuk secara sistemik. Oleh karena itu potensi interaksi dengan obat-obat lain relatif sangat kecil.

Dosis Microlax Enema

Berikut adalah dosis Microlax Enema :

  • Dosis dewasa dan anak usia > 3 tahun : 1 tube.
  • Dosis untuk anak usia 1-3 tahun : cukup diberikan ½ tube.

Cara pakai :

  • Keluarkan isi tube sedikit dan oleskan pada tube. Setelah itu masukan tube ke lubang dubur, tekan sampai larutan obat masuk ke dalam dubur.

Terkait :

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Microlax Enema harus sesuai dengan yang dianjurkan.