Enkasari 120 mL

Enkasari adalah obat kumur yang digunakan untuk mengurangi sariawan, membantu menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut. Obat sariawan ini berasal dari bahan alami yang aman digunakan. Bahan alami yang terkandung dalam sediaan obat kumur ini adalah ekstrak daun saga (abrus precatorius folia), ekstrak daun sirih (piper betle folia), dan ekstrak akar kayu manis (liquiritiae radix).

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Enkasari yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Kimia Farma

Golongan

Obat ini digolongan ke dalam kategori obat bebas

Kemasan

  • Botol 120 mL

Kandungan

Tiap 45 mL larutan Enkasari mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Ekstrak daun saga (Abrus precatorius Folia) setara dengan bubuk daun kering 75 mg
  • Ekstrak akar kayu manis (Liquiritiae Radix) setara dengan bubuk akar kering 20 mg
  • Ekstrak daun sirih (Piper betle Folia) setara dengan daun segar 450 mg
  • menthol 10 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Abrus precatoriu atau saga rambat  adalah tumbuhan merambat yang memiliki biji kemerahan. Ekstrak daun tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat sariawan.

Ekstrak Liquiritiae Radix digunakan terutama untuk pengobatan batuk yang disertai lendir/dahak. Ekstrak akar kayu manis ini memiliki khasiat sebagai antiseptik, antimikroba, antivirus, anti-inflamasi dan pelindung hati. Khasiatnya sebgaia antiseptik dan antimikroba akan sangat efektif untuk mengobati sariawan.

daun sirih (Piper betle Folia) diketahui memiliki khasiat sebagai antiseptik. Khasiatnya sebagai antiseptik akan sangat membantu mengatasi sariawan.

Menthol memiliki efek karminatif dan efek menyegarkan. Menthol juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan apha.

Indikasi

Kegunaan Enkasari adalah untuk mencegah dan mengobati sariawan, membantu menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut.

Sariawan (stomatitis apthosa) adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut. Sariawan biasanya berupa luka berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan yang sedikit cekung. Umumnya sariawan disebabkan oleh gangguan pencernaan, namun bisa juga disebabkan oleh stress, virus, bakteri, kurangnya  nutrisi, dan adanya luka di mulut yang kemudian terinfeksi oleh bakteri di mulut.

Kontraindikasi

  • Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas/alergi terhadap  salah satu komponen Enkasari.

Efek Samping Enkasari

Obat kumur ini bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang, mulai anak-anak sampai lanjut usia. Belum ada laporan terjadinya efek samping yang sangat mengganggu.

Penggunaan untuk ibu hamil

Obat sariawan ini bisa digunakan oleh ibu hamil. Belum ada laporan penggunaan Enkasari menyebabkan gangguan pada janin. Namun jika anda merasakan efek yang mengganggu selama menggunakan obat ini, segera hentikan penggunaan obat dan berkonsultasi dengan dokter.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat Enkasari, adalah sebagai berikut :

  • Selain menggunakan obat kumur ini, sebaiknya selalu menjaga kesehatan rongga mulut secara teratur untuk mencegah berkembangnya mikroba penyebab sariawan.
  • Karena sariawan umumnya disebabkan oleh adanya gangguan saluran pencernaan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak serat.
  • Berendam juga akan sangat membantu mendinginkan perut yang pada gilirannya akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Interaksi obat

Belum ada data adanya interaksi dengan obat-obat lain.

Dosis Enkasari

Berikut adalah dosis Enkasari :

  • Dosis dewasa : 45 mL cairan (3 gelas takar @ 15 mL) 3-4 x sehari.
  • Dosis anak-anak : 15 mL cairan (1 gelas takar @ 15 mL) 2 x sehari.

Cara pakai :

  • Tuangkan larutan Enkasari sesuai takaran, kumur-kumur di dalam mulut terutama ke area sariawan kemudian telan.

Terkait :

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Enkasari harus sesuai dengan yang dianjurkan.