Cystistat 40 mg/50 mL

Cystistat adalah obat yang digunakan untuk penggantian sementara lapisan glikosaminoglikan (GAG) di kandung kemih. Obat ini membantu meringankan rasa sakit, frekuensi dan keparahan sistitis interstisial. Cystistat mengandung Sodium hyaluronate, yang merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.

Lapisan glikosaminoglikan (GAG) pada permukaan luminal dinding kandung kemih berfungsi sebagai penghalang/pelindung terhadap mikroorganisme, karsinogen, kristal dan zat lain yang ada dalam urin dan telah diidentifikasi sebagai mekanisme pertahanan utama dalam melindungi epitel transisional.

Kekurangan lapisan GAG pada epitel kandung kemih dapat menghancurkan fungsi penghalangnya dan memungkinkan masuknya bakteri, mikrokristalin, protein dan ion, atau pergerakan residu zat terlarut ionik dan non-ionik (yaitu urea) di seluruh epitel. Cystistat berfungsi untuk sementara mengisi lapisan GAG pada epitel kandung kemih.

Berikut ini adalah informasi lengkap obat Cystistat yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Dipa Pharmalab Intersains

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Cystistat dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • 1 Vial bladder irrigation solution 40 mg/50 mL

Kandungan

Tiap kemasan obat Cystistat mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Na hyaluronate 40 mg/50 mL

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Sodium hyaluronate adalah obat untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoarthritis, untuk membantu tindakan bedah pada segmen anterior selama ekstraksi katarak dan implantasi lensa intraokular, serta mengobati luka atau radang kulit. Obat Sodium hyaluronate adalah garam natrium dari Hyaluronic acid, senyawa glikosaminoglikan yang bisa ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia.

Sodium hyaluronate berfungsi sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut. Senyawa ini membentuk larutan viskoelastis dalam air. Viskositas larutan yang tinggi memberikan proteksi mekanis untuk jaringan (iris, retina) dan lapisan sel (kornea, endotelium, dan epitel). Elastisitas larutan membantu menyerap tekanan mekanis dan memberikan penyangga pelindung untuk jaringan.

Indikasi

Kegunaan Cystistat (Sodium hyaluronate) adalah  sebagai penggantian sementara lapisan glikosaminoglikan (GAG) di kandung kemih, untuk perawatan simtomatik penyakit kandung kemih seperti Interstitial Cystitis (IC). Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sistitis yang disebabkan oleh infeksi, trauma, urolitiasis, retensi urin, neoplasia atau radiasi.

Baca Juga  Umarone injection

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Sodium hyaluronate atau protein unggas.

Efek Samping Cystistat

Berikut adalah beberapa efek samping Cystistat (Sodium hyaluronate) yang diketahui :

  • Cystistat (Sodium hyaluronate) dapat ditoleransi dengan baik dan menyebabkan sedikit efek samping. Kadang-kadang, beberapa iritasi lokal bisa terjadi sebagai akibat dari prosedur instilasi itu sendiri.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

  • Meskipun Cystistat (Sodium hyaluronate) diklasifikasikan sebagai alat kesehatan sehingga tidak termasuk sebagai obat, penggunaanya harus dilakukan oleh tenaga medis yang memenuhi syarat.
  • Jangan berikan pada pasien dengan riwayat hipersensitifitas.
  • Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi merugikan.
  • Karena tidak ada bukti klinis mengenai penggunaan Sodium hyaluronate pada anak-anak, wanita hamil dan menyusui, penggunaan Cystistat tidak dianjurkan pada pasien-pasien ini.
  • Simpan pada suhu kamar (15-30┬║C). Jangan dibekukan. Cystistat dapat didinginkan, namun harus dikembalikan ke suhu kamar sebelum digunakan.
  • Ada bukti bahwa lapisan GAG pada kandung kemih berkurang pada pasien sistitis. Kondisi ini berkontribusi pada gejala klinis pada penyakit seperti sistitis interstisial, sistitis yang disebabkan oleh infeksi, trauma, urolitiasis, retensi urin, neoplasia dan sistitis yang disebabkan radiasi. Untuk mengurangi sistitis yang terkait dengan kondisi ini, disarankan agar Cystistat digunakan setiap minggu selama 4-12 perawatan dan kemudian setiap bulan sampai gejala sembuh.

Penggunaan untuk wanita hamil

Dalam percobaan hewan (kelinci), teratogenisitas tidak terjadi. Namun karena keamanan Sodium hyaluronate pada ibu hamil belum ditetapkan, penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat yang terjadi jika digunakan dengan obat-obat lain :

  • Karena Sodium hyaluronate diendapkan oleh bakteri amina kuartener atau desinfektan misalnya, benzalkonium klorida dan klorheksidin, dan lain-lain, perhatian yang memadai harus diberikan.
Baca Juga  Atopiclair cream 10 mL

Dosis Cystistat

Cystistat (Sodium hyaluronate) diberikan dengan dosis :

  • Masukkan seluruh volume solution ke dalam kandung kemih setelah sisa air kencing telah dikeluarkan. Simpan di kandung kemih selama mungkin (minimal 30 menit). Masukkan ke dalam kandung kemih seminggu sekali sampai 4-12 x perawatan, selanjutnya sebulan sekali sampai gejala teratasi.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Cystistat (Sodium hyaluronate) harus sesuai dengan yang dianjurkan.