Afomix caplet

Afomix caplet adalah produk multi vitamin dan asam amino yang digunakan untuk mencukupi asupan asam folat untuk pertumbuhan janin normal pada wanita hamil, membantu mengurangi frekuensi muntah pada ibu hamil, dan memberikan tambahan suplemen Vit B1, B6 dan B12. Afomix caplet mengandung vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, asam amino, dan ekstrak jahe.

Berikut ini adalah informasi lengkap Afomix caplet.

Pabrik

Nufarindo

Golongan

Bisa diperoleh tanpa resep dokter

Kemasan

Afomix caplet dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Box 3 × 10’s Film Coated caplet

Kandungan

Afomix caplet mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Folic acid 1,000 mcg
  • Vitamin B1 100 mg
  • Vitamin B6 100 mg
  • Vitamin B12 100 mcg
  • DHA powder 60 mg
  • Amino acid 5 mg
  • Ginger extract 50 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Folic acid

Folic acid (asam folat) atau disebut juga sebagai Vitamin B9 adalah  nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Manusia tidak mampu membuat folat, oleh karena itu, asam folat hanya bisa didapatkan melalui makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Asam folat berguna dalam proses pembentukan DNA, perbaikan DNA, serta bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi biologis tertentu. Zat ini penting dalam membantu pertumbuhan dan pembelahan sel yang cepat seperti pada bayi dan masa kehamilan.  Folat juga dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat sehingga bisa mencegah anemia.

Vitamin B1

Thiamine (vitamin B1) adalah vitamin larut air, yang digunakan untuk mengobati kasus defisiensi vitamin B1, salah satunya penyakit beri-beri. Bersama dengan ATP, membentuk senyawa thiamine pyrophosphate, suatu koenzim esensial yang sangat berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Secara alami, thiamine banyak ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telor, beras merah, gandum, asparagus, kembang kol, kentang, dan semangka.

Vitamin B6

Pyridoxine (vitamin B6) adalah salah satu bagian dari vitamin B. Vitamin ini sebenarnya adalah sekelompok senyawa kimia yang sangat mirip dan dapat saling menggantikan (interconverted) dalam sistem biologi. Beberapa bentuk vitamin B6 yang telah dikenal misalnya, pyridoxine, pyridoxine 5-phosphate, pyridoxal, pyridoxal 5-phosphate, pyrodoxamine, pyridoxamine 5-phospahte, dan lain-lain. Bentuk aktif dari vitamin ini adalah pyridoxal 5-phosphate, yang kegunaanya antara lain membantu metabolisme makronutrien, sintesis neurotransmitter, sintesis histamin, sintesis hemoglobin, dan ekspresi gen.

Vitamin B12

Cyanocobalamin (vitamin B12) adalah vitamin yang bisa digunakan untuk mengobati anemia pernisiosa, defisiensi vitamin b12 akibat kurangnya asupan dari makanan, tirotoksikosis, perdarahan, penyakit hati, dan ginjal. Obat ini bisa diberikan baik secara oral maupun injeksi.

DHA (Docosahexaenoic acid)

DHA (Docosahexaenoic acid) adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang golongan omega-3 yang merupakan komponen struktural utama otak manusia, korteks serebral, kulit, dan retina. Senyawa ini bisa ditemukan pada berbagai jenis ikan, termasuk ikan tenggiri, herring, tuna, halibut, salmon, cod liver, whale blubber, dan segel blubber. Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi jantung dan otak.

Amino acid

Asam amino adalah senyawa organik yang mengandung gugus fungsional amina (-NH2) dan karboksil (-COOH), bersama dengan rantai samping (kelompok R) yang spesifik untuk masing-masing asam amino. Ketika asam amino diasup dari makanan, mereka berguna untuk mensintesis protein dan biomolekul lainnya atau dioksidasi menjadi urea dan karbon dioksida sebagai sumber energi.

Ginger extract

Ginger/jahe adalah tanaman rimpang yang termasuk keluarga Zingiberaceaea. Jahe mempunyai banyak kegunaan, mulai dari sebagai bumbu masakan sampai obat-obatan.

Indikasi

Kegunaan Afomix caplet adalah sebagai suplemen khususnya untuk ibu hamil. Suplemen ini berguna untuk :

  • Mencukupi asupan asam folat untuk pertumbuhan janin normal pada wanita hamil.
  • Membantu mengurangi frekuensi muntah pada ibu hamil.
  • Memberikan tambahan suplemen Vit B1, B6 dan B12.

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan Afomix caplet untuk pasien yang memiliki riwayat alergi / hipersensitivitas pada salah satu komponen di atas.

Efek Samping Afomix caplet

Berikut ini adalah beberapa efek samping Afomix caplet yang mungkin terjadi :

  • Efek samping Afomix caplet yang relatif ringan yaitu gangguan pada saluran pencernaan misalnya perut kembung, mual, dan muntah.
  • Efek samping lain yang mungkin terjadi seperti reaksi alergi.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan Afomix caplet adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya digunakan setelah makan untuk mencegah ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat Afomix caplet dengan obat-obat lain jika digunakan secara bersamaan :

  • Penggunaan bersamaan dengan obat antikonvulsan menurunkan penyerapan Vitamin B12 dari usus.
  • Penggunaan bersamaan dengan obat neomycin, asam aminosalicylic, colchicine, cimetidine, ranitidine, mengurangi penyerapan B12 dari usus.
  • B12 dapat memperparah reaksi alergi yang disebabkan oleh vitamin B1.
  • Pemberian parenteral chloramphenicol dapat menurunkan efek hematopoietik B12 pada kasus anemia.

Dosis Afomix caplet

Obat Afomix caplet diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • Dosis dewasa : 1 caplet/hari

Aturan pakai :

  • Lebih baik dikonsumsi dengan makanan atau sesudah makan.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Afomix caplet harus sesuai dengan yang dianjurkan.