Kapset Kapsul

Kapset adalah suplemen yang digunakan untuk membantu menjaga kesehatan mata. Kapset mengandung Bilberry ekstrak, grape seed ekstrak, retinol, lutein, zeaxanthin, lycopene, Alpha-lipoic acid, disertai Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin E.

Berikut ini adalah informasi lengkap Kapset yang disertai tautan merk-merk suplemen lain.

Pabrik

Nufarindo

Golongan

Bisa didapatkan tanpa resep dokter

Kemasan

Kapset dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Botol @ 30 kapsul

kandungan

Tiap kapsul Kapset mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Bilberry extract 80 mg
  • Grape seed extract 50 mg
  • Retinol 750 mcg
  • Vitamin B2 1.5 mg
  • Vitamin C 6 mg
  • Vitamin E 50 IU
  • Lutein 5% 6 mg
  • Zeaxanthin 1 mg
  • Lycopene 2 mg
  • α-lipoic acid 10 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Bilberry

Bilberry adalah tanaman dengan daun berwarna hijau cerah dan bunga berbentuk lonceng yang tumbuh liar, terutama di Eropa utara. Dalam ekstraknya bisa mengandung antosianosida sebanyak 25%. Dalam buah segar bilberry, kandungan antosianidin berkisar antara 300 mg sampai 700 mg per 100 gram buah, tergantung pada daerah di mana mereka dipetik.

Ekstrak Bilberry terbukti berkhasiat untuk mengurangi peradangan retina.

Grape seed extract

Ekstrak ini diambil dari biji anggur merah. Ada bukti kuat bahwa ekstrak biji anggur bermanfaat untuk mengatasi kelainan kardiovaskular, misalnya insufisiensi vena kronis dan kolesterol tinggi. Ekstrak biji anggur juga mengurangi pembengkakan akibat luka dan membantu mengatasi penyakit mata terkait diabetes.

Ekstrak biji anggur mengandung antioksidan, yang melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu mencegah terjadinya banyak penyakit.

Retinol

Retinol juga dikenal sebagai Vitamin A1. Retinol adalah vitamin yang bisa ditemukan dalam makanan dan digunakan sebagai suplemen. Sebagai suplemen digunakan untuk mengobati dan mencegah kekurangan vitamin A, terutama yang disertai xerophthalmia. Retinol dan bentuk vitamin A lainnya dibutuhkan untuk menjaga fungsi penglihatan mata, perawatan kulit, dan proses pertumbuhan. Retinol diubah dalam tubuh menjadi bentuk aktifnya yaitu retinal dan asam retinoat.

Vitamin B₂

Riboflavin (vitamin B₂) adalah mikronutrisi yang bersifat larut dalam air. Vitamin B₂ diperlukan untuk berbagai ragam proses seluler, seperti metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Riboflavin berfungsi sebagai koenzim, artinya vitamin ini diperlukan oleh enzim (protein) untuk bisa melakukan tindakan fisiologis normal. Secara khusus, bentuk aktif dari riboflavin yaitu flavin mononukleotida (FMN) dan flavin adenin dinukleotida (FAD) berfungsi sebagai kofaktor untuk berbagai reaksi enzim flavoproteine.

Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat dan asam L-askorbat, adalah vitamin yang banyak ditemukan dalam makanan/buah dan digunakan juga sebagai suplemen makanan. Vitamin C adalah nutrisi penting yang terlibat dalam perbaikan jaringan.

Vitamin E

Vitamin E adalah sekelompok senyawa yang mencakup tocopherols dan tocotrienols. Vitamin E mempunyai banyak fungsi, mulai dari sebagai antioksidan, sebagai pengatur aktivitas enzimatik, menjaga fungsi mata dan neurologis, dan banyak fungsi lainnya.

Lutein

Lutein adalah satu dari 600 karotenoid alami yang diketahui. Lutein ditemukan dalam jumlah tinggi dalam sayuran berdaun hijau seperti wortel, bayam, kangkung dan wortel kuning. Formulasi suplemen makanan yang mengandung lutein mengurangi perkembangan degenerasi makula terkait usia. Ada bukti epidemiologis awal bahwa peningkatan asupan lutein menurunkan risiko terjadinya katarak pada mata.

Zeaxanthin

Zeaxanthin adalah salah satu alkohol karotenoid yang paling umum ditemukan di alam. Zeaxanthin adalah salah satu dari dua karotenoid xantofil primer yang terkandung di dalam retina mata. Dalam makula sentral, zeaxanthin adalah komponen yang dominan, sedangkan pada retina perifer, lutein mendominasi.

Zeaxanthin mengurangi perkembangan degenerasi makula terkait usia. Ada bukti epidemiologis awal bahwa peningkatan asupan Zeaxanthin menurunkan risiko terjadinya katarak pada mata.

Lycopene

Lycopene adalah karoten merah terang dan pigmen karotenoid dan fitokimia yang ditemukan pada tomat dan buah serta sayuran merah lainnya, seperti wortel merah, semangka, dan pepaya., Meskipun lycopene secara kimiawi adalah karoten, ia tidak memiliki aktivitas vitamin A. Senyawa ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata

Alpha-lipoic acid (ALA)

Alpha-lipoic acid (ALA) atau lipoic acid (LA) adalah zat yang digunakan sebagai antioksidan, dan obat terapi penunjang diabetes. Senyawa ini sebenarnya bisa dibentuk secara alami oleh tubuh kita, namun bisa juga didapatkan dari asupan makanan seperti bayam, brokoli, ubi jalar, kentang, ragi, tomat, kubis, wortel, bit, dan dedak padi.

Selama bertahun-tahun, suplemen yang mengandung Alpha-lipoic acid dosis tinggi telah digunakan di beberapa negara Eropa untuk mengobati beberapa jenis kerusakan saraf. Studi menunjukkan zat ini juga bisa digunakan oleh penderita diabetes tipe 2 untuk meningkatkan konduksi dan fungsi sel saraf.

Sebagai antioksidan, senyawa ini melindungi tubuh kita dari efek buruk yang ditimbulkan oleh molekul-molekul abnormal penghasil radikal bebas. Radikal bebas bisa memicu berbagai penyakit, seperti stroke.

Indikasi

Kegunaan Kapset adalah sebagai suplemen untuk membantu menjaga fungsi penglihatan mata.

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan Kapset untuk orang-orang yang memiliki riwayat alergi terhadap salah satu komponen suplemen ini.

Efek Samping Kapset

Secara umum Kapset bisa ditoleransi dengan baik. Namun terjadinya efek samping tetap harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa efek samping Kapset yang mungkin terjadi :

  • Kapset bisa menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, sakit perut, sakit maag, diare, dan kejang.
  • Dosis tinggi suplemen yang mengandung retinol dapat menyebabkan pembesaran hati, kulit kering, atau hipervitaminosis A.
  • Lycopene dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, kepekaan terhadap sinar matahari, atau obat-obatan yang digunakan untuk penyakit perut.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien jika menggunakan Kapset adalah sebagai berikut :

  • Hindari penggunaan Kapset dosis tinggi karena dapat menyebabkan efek hipoglikemia (sakit kepala, mengantuk, lelah) yang biasanya dihubungkan dengan kadar gula darah rendah.
  • Karena Kapset bisa menurunkan gula darah atau nutrisi penting lainnya, pengujian kadar glukosa secara teratur mungkin diperlukan.
  • Hati-hati menggunakan Kapset jika Anda memiliki masalah tiroid, defisiensi B1 (kadang-kadang ditemukan pada pecandu alkohol atau penderita anoreksia), atau masalah medis lainnya.
  • Mengingat kurangnya bukti tentang keamanannya, Kapset tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil atau menyusui.

Penggunaan Kapset Untuk Ibu Hamil

pemberian dosis tinggi obat/suplemen yang mengandung retinol selama kehamilan dapat menyebabkan kerusakan pada bayi. Selalu ikuti dosis yang disarankan atau sebaiknya dihindari.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obat lain :

  • Penggunaan bersamaan Kapset dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah.
  • Juga bisa menurunkan efek obat kemoterapi.
  • Bisa juga berinteraksi dengan antibiotik, antiinflamasi, obat penenang, vasodilator (digunakan untuk penyakit jantung atau tekanan darah tinggi), dan obat-obatan untuk osteoarthritis.
  • Lycopene dapat meningkatkan risiko pendarahan saat dikonsumsi bersamaan dengan obat antikoagulan.
  • Karena Lycopene dapat menyebabkan tekanan darah rendah, interaksi dengan obat-obatan yang mempengaruhi tekanan darah bisa terjadi.

Dosis Kapset

Kapset diberikan dengan dosis berikut :

  • Dosis dewasa : 1-2 kapsul per hari.

Aturan pakai Kapset :

  • Sebaiknya suplemen ini diminum bersama makanan untuk menghindari ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Kapset harus sesuai dengan yang dianjurkan.